Problematika metode Imla’ dalam pembelajaran Maharah Al-Kitabah di MI Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Riska, Frinka Azira (2018) Problematika metode Imla’ dalam pembelajaran Maharah Al-Kitabah di MI Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kurikulum pelajaran Bahasa Arab di MI Pandanarum merupakan pelajaran yang harus dipelajari siswa dan siswi. Dalam belajar Bahasa Arab, hal yang menjadi bekal utama untuk bisa mengikutinya adalah siswa harus bisa membaca atau faham terhadap huruf-huruf hija’iyah, berikut membaca dan menulisnya. Tanpa bisa membaca dan menulis huruf hija’iyah, pelajaran Bahasa Arab akan terhambat dan mungkin tidak bisa memenuhi target kompetensi minimal. Hal itu sangat susah terutama bagi siswa MI yang notabenenya sebagai pemula. Untuk itu diperlukan kreatifitas guru dalam penyampaian materi Bahasa Arab, sehingga pembelajaran bisa mencapai tujuan secara maksimal. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan antara lain bagaimana pelaksanaan metode imla’ dalam pembelajaraan maharah al-Kitabah siswa kelas V di MI Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Bagaimana problematika metode imla’ terhadap kemampuan maharah al-Kitabah yang dihadapi siswa kelas V di MI Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Dan bagaimana upaya yang dilakukan guru bahasa Arab untuk mengatasi problematika metode imla’ dalam pembelajaran maharah al-Kitabah siswa kelas V MI Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Metode penelitiannya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa pelaksanaan metode imla’ dalam pembelajaran bahasa Arab pada maharoh al-kitabah siswa kelas V MI Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan yaitu dengan cara membacakan materi imla’ dan menuliskan materi imla’ di papan tulis. Problematika metode imla’ terhadap kemampuan maharoh al-kitabah yang dihadapi siswa kelas V MI Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan yaitu antara lain siswa belum mampu menyalin tulisan dari hasil pendengaran dan pengamatan materi yang di imla’kan guru dengan benar. Artinya, siswa kurang cermat dalam mengamati dan melihat tulisan yang kemudian menyalin ke dalam buku pelajaran tanpa melihat lagi tulisan dan siswa belum bisa mengeja dengan benar. Upaya guru dalam pelaksanaan metode imla’ dalam pembelajaran bahasa Arab pada maharoh al-kitabah siswa kelas V yaitu menambahkan perbendaharaan kata (mufrodat), menambah sarana dan prasarana terutama alat peraga, mengadakan diskusi kepada siswa berkaitan dengan teks dan kosa kata yang sulit, mengadakan latihan-latihan dan mengoreksi hasil latihan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzzuhri, MuhandisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Imla’, Maharoh Al-Kitabah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 28 Apr 2020 22:39
Last Modified: 28 Apr 2020 22:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item