Karomah, Ifaul (2025) Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2219039_COVER _BAB 1 DAN BAB 5_DP.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2219039_FULL TEXT_b5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2219039_LAMPIRAN-b5.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
Abstract
Proses pembelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah menengah pertama sering kali menghadapi berbagai tantangan, baik yang berkaitan dengan aspek kebahasaan maupun faktor non-kebahasaan. Hal ini juga terjadi di SMP NU Karangdadap, di mana pembelajaran bahasa Arab belum sepenuhnya berjalan secara optimal. Kondisi tersebut melahirkan sejumlah hambatan yang berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilandasi oleh pertanyaan mengenai problematika yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP NU Karangdadap, serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dan menggambarkan langkahlangkah yang ditempuh guna memperbaiki proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru, serta dokumentasi. Pendekatan ini dipilih agar peneliti dapat memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai kondisi pembelajaran bahasa Arab secara nyata di lapangan. Data dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi untuk memperoleh gambaran mendalam serta objektif mengenai fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP NU Karangdadap masih menghadapi berbagai problematika, seperti rendahnya minat belajar siswa akibat anggapan bahwa bahasa Arab sulit, keterbatasan media pembelajaran, ketiadaan buku ajar, serta kurangnya dukungan lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, guru berupaya memberikan motivasi belajar, menuliskan materi di papan tulis dan menyusun rangkuman sebagai pengganti buku ajar, memberikan hafalan kosakata sederhana, serta menghadirkan ice breaking berupa permainan seperti tebak kata dan kartu mufrodat guna menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran bahasa Arab, Problematika Pembelajaran. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:26 | ||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2025 08:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |