PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, KUALITAS WEBSITE, HEDONIC BROWSING, DAN UTILITARIAN BROWSING TERHADAP IMPULSE BUYING SECARA ONLINE (Studi Pada Mahasiswi IAIN Pekalongan Jurusan Ekonomi Syariah)

Afiani, Liza (2022) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, KUALITAS WEBSITE, HEDONIC BROWSING, DAN UTILITARIAN BROWSING TERHADAP IMPULSE BUYING SECARA ONLINE (Studi Pada Mahasiswi IAIN Pekalongan Jurusan Ekonomi Syariah). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117006_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4117006_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4117006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

LIZA ALFIANI. Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Website, Hedonic Browsing Dan Utilitarian Browsing Terhadap Impulse Buying Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswi IAIN Pekalongan Jurusan Ekonomi Syariah). Perkembangan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat menjadi gemar berbelanja online. Cukup banyak hal yang membuat konsumen lebih memilih untuk berbelanja online, diantaranya yaitu banyaknya promosi penjualan yang ditawarkan, kualitas website yang baik, web browsing dan masih banyak lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis langsung promosi penjualan, kualitas website, hedonic browsing dan utilitarian browsing terhadap impulse buying secara online pada mahasiswi IAIN Pekalongan jurusan Ekonomi Syariah. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasisiwi aktif jurusan Ekonomi Syariah angkatan tahun 2017 – 2020 IAIN Pekalongan. Sampling yang digunakan adalah Probability Sampling, dengan teknik proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) promosi penjualan berpengaruh terhadap impulse buying secara online dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 (2) kualitas website tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Impulse Buying secara online dengan nilai signifikaknsi 0,219 > 0,05 (3) hedonic browsing berpengaruh terhadap impulse buying secara online dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 (4) utilitarian browsing tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Impulse Buying secara online dengan nilai signifikaknsi 0,183 > 0,05 (5) Hasil uji F variabel promosi penjualan, kualitas website, hedonic browsing, dan utilitarian browsing berpengaruh signifikan signifikan terhadap Impulse Buying secara online dengan nilai signifikaknsi 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung 17,405 > F tabel 2,48 (6) nilai adjusted R square sebesar 42,7% yang berarti e-impulse buying khususnya pada mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan dapat dijelaskan oleh variabel promosi penjualan, kualitas website, hedonic browsing dan utilitarian browsing. Sedangkan sisanya 57,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorChaniago, Siti AminahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorGunawa, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi Penjualan, Kualitas Website, Hedonic Browsing, Utilitarian Browsing, Impulse Buyin
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:08
Last Modified: 20 Oct 2025 03:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15804

Actions (login required)

View Item View Item