ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN AIR MINUM MINERAL MEREK NU MINERAL PADA PT. TUNAS RINNAI PERKASA KABUPATEN KENDAL

Faizin, Ahmad (2023) ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN AIR MINUM MINERAL MEREK NU MINERAL PADA PT. TUNAS RINNAI PERKASA KABUPATEN KENDAL. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117189_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4117189_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
4117189_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada operasionalnya, perusahaan membutuhkan saluran distribusi dalam hal penjualan. Peranan saluran distribusi dalam hal ini yaitu sebagai saluran untuk menyalurkan atau mendistribusikan produk kepada calon konsumen supaya produk mudah untuk didapat. Apabila jangkauan serta penyebaran produk ke daerah pemasaran semakin luas maka saluran distribusi bisa dikatakan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui secara langsung saluran distribusi yang dipakai PT Tunas Rinnai Perkasa dalam memasarkan produk NU Mineral. (2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi PT Tunas Rinnai Perkasa dalam mendistribusikan produk NU Mineral. (3) Mengetahui saluran distribusi yang dapat meningkatkan volume penjualan produk NU Mineral pada PT Tunas Rinnai Perkasa. Indriyo Gitosudarmo (1994) dalam bukunya menyatakan distribusi adalah aktivitas yang perlu dilaksanakan oleh pengusaha untuk menyebarkan, menyalurkan, menyampaikan serta mengirimkan produk yang dipasarkannya tersebut kepada para konsumen. Oleh sebab tersebut maka dibutuhkan keberadaan penyalur. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data penjualan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2017-2021 yang terdiri dari saluran distribusi dan volume penjualan setiap tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran distribusi yang selama ini diterapkan pada PT Tunas Rinnai Perkasa yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung dengan perantara agen, pengecer dan pedagang besar. (2) Kendala yang dihadapi PT Tunas Rinnai Perkasa dalam melaksanakan saluran distribusi adalah penyampaian barang kepada konsumen yang terkadang kurang tepat waktu, sulitnya memprediksi kebutuhan pasar, sulitnya memonitoring saluran distribusi yang sedang berjalan di lapangan, saluran distribusi yang digunakan PT Tunas Rinnai Perkasa tidak semuanya tepat sasaran. (3) Saluran distribusi yang tepat bagi PT Tunas Rinnai Perkasa untuk meningkatkan volume penjualan adalah saluran distribusi tidak langsung dengan perantara agen dan pengecer saja, serta melakukan monitoring terus menerus terhadap kegiatan saluran distribusi. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah pendistribusian sudah tepat sasaran dan tepat waktu apa belum, serta memantau persediaan barang di seluruh anggota saluran untuk mengantisipasi terjadinya kekosongan barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, M ArifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Saluran distribusi, Volume penjualan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:32
Last Modified: 20 Oct 2025 04:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15823

Actions (login required)

View Item View Item