Perilaku pedagang sembako di pasar grogolan kota Pekalongan dalam tinjauan etika bisnis Islam

Gombo, Danang Fahrudin (2020) Perilaku pedagang sembako di pasar grogolan kota Pekalongan dalam tinjauan etika bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Etika bisnis Islam bertujuan untuk mengajarkan manusia menjalin kerjasama, tolong menolong, dan menjauhkan diri dari sikap dengki dan dendam serta hal – hal yang tidak sesuai dengan syari’ah. Etika bisnis dalam Islam juga berfungsi sebagai controlling (pengatur) terhadap Aktivitas ekonomi. Adanya permasalahan mengenai takaran pada timbangan, serta kurangnya keramahan dari pedagang sembako di Pasar Grogolan Kota Pekalongan yang di ungkapkan dari narasumber penulis, permasalahan tersebut ada keterkaitan dengan etika bisnis Islam. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data deskriptif, Pada skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini berjenis Probability sampling adalah teknik pengambilan sempel yang memberikan peluang yang sama setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sempel. Populasi dari penelitian ini adalah pedagang sembako di Pasar Grogolan Kota Pekalongan berjumlah 120 pedagang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan Simple Random Sampling, yakni pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel pada penelitian ini yaitu pedagang sembako di Pasar Grogolan Kota Pekalongan berjumlah 10 Pedagang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai perilaku pedagang sembako dipasar Grogolan Kota Pekalongan dalam tinjauan etika bisnis islam; Kelima prinsip dalam etika bisnis islam diantaranya Prinsip tauhid (ketauhidan/unity), Prinsip keseimbangan, Prinsip kehendak bebas, Prinsip tanggung jawab, dan Prinsip Ihsan dari ke-10 narasumber penulis enam diantaranya sudah sepenuhnya memenuhi dalam prinsip etika bisnis islam, namun keempat pedagang lainnya belum memenuhi dalam prinsip etika bisnis islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Perilaku, dan Pedagang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:06
Last Modified: 21 Jun 2021 07:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item