PENGARUH E-WOM DALAM APLIKASI TIKTOK, INFLUENCER, DAN KONFORMITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Generasi Z Muslimah Kota Pekalongan)

Khotijah, Niken Riana (2023) PENGARUH E-WOM DALAM APLIKASI TIKTOK, INFLUENCER, DAN KONFORMITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Generasi Z Muslimah Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119065_Bab1&5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4119065_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
4119065_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Wardah merupakan salah satu merek kosmetik yang sangat terkenal di Indonesia ditengah banyaknya merek kosmetik lain yang bermunculan membuat wardah harus mampu bersaing. Dalam melakukan keputusan pembelian konsumen mempertimbangkan berbagai hal seperti komentar dari orang lain, yang pada zaman sekarang lebih banyak didapatkan melalui sosial media dan sosial media yang masih banyak digunakan adalah tiktok, hal ini disebut dengan e-wom, Influencer digunakan produsen untuk memikat para konsumen, kelompok juga menjadi tempat untuk meyakinkan dalam mengambil suatu keputusan disebut dengan konformitas. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah e-wom dalam aplikasi tiktok berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah?,, apakah Influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah?, apakah konformitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah? Dan apakah e-wom dalam aplikasi tiktok, influencer, dan Konformitas berpengaruh simutan terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-wom dalam aplikasi tiktok, Influencer, dan konformitas terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada generasi z Muslimah Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) E-wom dalam aplikasi tiktok tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada generasi z muslimah Kota Pekalongan, dengan tingkat signifikansi 0,261 > 0,05 dan t hitung 1,132 < t tabel 1,98580. (2) Influencer tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada generasi z muslimah Kota Pekalongan, dengan tingkat signifikansi 0,538 > 0,05 dan t hitung 0,618 < t tabel 1,98580. (3) Konformitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada generasi z muslimah Kota Pekalongan, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung 5,973 > t tabel 1,98580. (4) secara simultan e-wom dalam aplikasi tiktok, Influencer dan konformitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan F hitung 14,073 > F tabel 3,094. (5) Adjusted R Square sebesar 0,290 hal tersebut menunjukkan bahwa 29 % keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independent yaitu e-wom dalam aplikasi tiktok, Influencer dan konformitas, sisanya 71% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, SusminingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, M ArifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Wom, Influencer, Konformitas dan Keputusan Pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 20 Oct 2025 05:58
Last Modified: 20 Oct 2025 05:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item