Arifah, Frieda (2023) PENGARUH BUDAYA, IKLAN MEDIA SOSIAL, KESADARAN HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOREAN STREET FOOD DI FOOD COURT GEMEK, KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4119069_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4119069_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4119069_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
Abstract
Menyebarnya budaya Korea memunculkan fenomena hallyu atau korean wave yang kemudian menyebarkan korean street food diberbagai daerah dan dikenal masyarakat melalui berbagai macam media termasuk melalui iklan media sosial. Korean street food yang berasal dari negara Korea yang minoritas muslim, untuk itu penting dalam hal ini adanya kesadaran masyarakat terkait keputusan pembelian makanan halal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh budaya, iklan media sosial, kesadaran halal, dan harga terhadap keputusan pembelian korean street food di Food court Gemek. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu konsumen korean street food di Food Court Gemek. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya dan harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan iklan media sosial dan kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, budaya, iklan media sosial, kesadaran halal, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai nilai Fhitung 23,548 > Ftabel 2,31. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,477 yang artinya budaya, iklan media sosial, kesadaran halal, dan harga memiliki kemampuan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 47,7 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Budaya, Iklan Media Sosial, Kesadaran Halal, Harga, dan Keputusan Pembelian | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2025 06:02 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |