PENGARUH BUDAYA, IKLAN MEDIA SOSIAL, KESADARAN HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOREAN STREET FOOD DI FOOD COURT GEMEK, KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN

Arifah, Frieda (2023) PENGARUH BUDAYA, IKLAN MEDIA SOSIAL, KESADARAN HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOREAN STREET FOOD DI FOOD COURT GEMEK, KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119069_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4119069_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4119069_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Menyebarnya budaya Korea memunculkan fenomena hallyu atau korean wave yang kemudian menyebarkan korean street food diberbagai daerah dan dikenal masyarakat melalui berbagai macam media termasuk melalui iklan media sosial. Korean street food yang berasal dari negara Korea yang minoritas muslim, untuk itu penting dalam hal ini adanya kesadaran masyarakat terkait keputusan pembelian makanan halal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh budaya, iklan media sosial, kesadaran halal, dan harga terhadap keputusan pembelian korean street food di Food court Gemek. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu konsumen korean street food di Food Court Gemek. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya dan harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan iklan media sosial dan kesadaran halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, budaya, iklan media sosial, kesadaran halal, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai nilai Fhitung 23,548 > Ftabel 2,31. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,477 yang artinya budaya, iklan media sosial, kesadaran halal, dan harga memiliki kemampuan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 47,7 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShulthoni, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAenurofik, AenurofikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya, Iklan Media Sosial, Kesadaran Halal, Harga, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:02
Last Modified: 20 Oct 2025 06:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15840

Actions (login required)

View Item View Item