Implementasi metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara Bahasa Arab peserta Didik Kelas XI MA KH.Syafi’i Buaran Pekalongan

Khasanah, Imroatun (2019) Implementasi metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara Bahasa Arab peserta Didik Kelas XI MA KH.Syafi’i Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab telah diajarkan di SD/MI hingga SMA/MA. Namun, pada umumnya peserta didik masih belum bisa mengungkapkan bahasa Arab dalam proses pembelajaran di sekolah. Mereka masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan, pikiran, pertanyaan dan sebagainya dalam bahasa Arab. Dengan demikian, keadaan peserta didik yang belum mengetahui bahasa Arab sebelumnya memicu kesulitan peserta didik dalam mengungkapkan bahasa Arab. Hal ini dialami juga oleh sebagian peserta didik MA K.H. Syafi’i Buaran Pekalongan. Untuk mengatasi permalasahan tersebut digunakan metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu”. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan antara lain bagaimana perencanaan metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA KH. Syafi’i Buaran Pekalongan? Bagaimana implementasi metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA KH. Syafi’i Buaran Pekalongan? Bagaimana evaluasi implementasi metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA KH. Syafi’i Buaran Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA KH. Syafi’i Buaran Pekalongan, untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA KH. Syafi’i Buaran Pekalongan, untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA KH. Syafi’i Buaran Pekalongan. Secara teoritis kegunaan ini adalah untuk menambah khazanah pengetahuan dan secara praktis sebagai bahan masukan bagi guru, peserta didik dan madrasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan penelitian yang berorientasi pada fenomena-fenomena atau gejala yang bersifat alami. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah keabsahan data, di mana keabsahan data merupakan unsur yang tidak terpisahkan dari tubuh pengetahuan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa perencanaan metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA. KH. Syafi’i Buaran Pekalongan adalah dengan mempertimbangkan hal-hal seperti karakteristik siswa, kemampuan guru, dan situasi kelas. Implementasi metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu” dalam memudahkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI MA KH. Syafi’i Buaran Pekalongan yaitu meliputi tahap persiapan di mana pendidik mempersiapkan sejumlah kartu dan setiap kartu ditulisi kata tertentu kemudian kelas dibagi menjadi 2 regu dan setiap regu menunjuk seorang anggotanya untuk menjadi pemandu, selanjutnya tahap prosedur pelaksanaan di mana guru melakukan interaksi belajar-mengajar melalui penerapan metode permainan “Tebak Tepat Pasanganmu”, dan yang terakhir adalah tahap variasi permainan yang merupakan suatu kegiatan guru dalam mengenal konteks interaksi belajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid sehingga dalam situasi belajar mengajar, murid senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme, serta penuh partisipasi. Sedangkan evaluasinya menggunakan dua model evaluasi yaitu evaluasi secara tertulis dan evaluasi secara lisan. Dari implementasi tersebut, diperoleh tingkat kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik kelas XI meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Permainan, Tebak Tepat Pasanganmu, kemapuan bahasa arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 28 Apr 2020 22:44
Last Modified: 28 Apr 2020 22:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item