Persepsi Mahasiswa Kpi Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Terkait Penggunaan Presenter Artificial Intelligence Oleh Tvone

Sabrina Azalia Ramadhani, Sabrina (2025) Persepsi Mahasiswa Kpi Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Terkait Penggunaan Presenter Artificial Intelligence Oleh Tvone. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421020_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3421020_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3421020_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ramadhani, Sabrina Azalia. 2025. Persepsi Mahasiswa KPI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Terkait Penggunaan Presenter Artificial Intelligence Oleh TvOne. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Muhammad Rikzam Kamal, M.Kom. Kata kunci: Persepsi, Mahasiswa KPI, Presenter AI, TvOne, Fenomenologi. Penelitian ini membahas mengenai persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan terhadap penggunaan presenter Artificial Intelligence (AI) oleh TvOne. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena hadirnya presenter berbasis AI sebagai inovasi baru dalam dunia penyiaran televisi di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana persepsi mahasiswa KPI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan terkait adanya penggunaan presenter Artificial Intelligence oleh TvOne? (2) Bagaimana mahasiswa KPI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengeksplorasi tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam memaknai dan mengadaptasi teknologi AI? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Subjek penelitian adalah mahasiswa KPI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa KPI memahami kehadiran presenter AI sebagai bentuk perkembangan teknologi yang membawa peluang sekaligus tantangan. Sebagian mahasiswa menilai AI memiliki kelebihan dalam efisiensi dan inovasi, namun masih dipandang kaku dan kurang alami dibandingkan presenter manusia. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa kehadiran AI tidak sepenuhnya dianggap ancaman, melainkan sebagai dorongan bagi mahasiswa KPI untuk meningkatkan kompetensi, kreativitas, dan daya saing di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhammad Rikzam Kamal, M.Kom, Bp. Kamal19881231201931011-
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Mahasiswa KPI, Presenter AI, TvOne, Fenomenologi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 30 Oct 2025 06:46
Last Modified: 30 Oct 2025 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item View Item