Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Menumbuhkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Sa’adah, Nurus (2025) Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Menumbuhkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421076_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2421076_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2421076_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keterampilan membaca merupakan kemampuan dasar yang penting dikembangkan sejak dini karena menjadi fondasi bagi pembelajaran di jenjang berikutnya. Salah satu media yang relevan untuk menumbuhkan minat dan keterampilan membaca adalah buku cerita bergambar, karena menggabungkan unsur teks dan ilustrasi yang menarik. Berdasakan uraian latar belakang di atas maka peneliti menyusun rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana penggunaan media buku cerita bergambar untuk menumbuhkan keterampilan membaca anak usia dini di RA Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang ?, dan Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media buku cerita bergambar untuk menumbuhkan keterampilan membaca anak usia dini di RA Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang ? Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field risearch) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, observasi di RA Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang, serta dokumentasi hasil pembelajaran menggunakan buku cerita bergambar. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar di RA Tholabuddin Masin telah memberikan dampak positif dalam menumbuhkan keterampilan membaca anak. Anak-anak menunjukkan kemajuan dalam mengenal huruf, menyebutkan kata sederhana, memahami isi cerita, serta meningkatkan minat terhadap kegiatan membaca. Proses pembelajaran dilakukan secara interaktif dengan strategi membaca bersama, bermain peran, dan tanya jawab berbasis interaktif. Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran ini antara lain visualisasi gambar yang menarik, perencanaan pembelajaran yang matang, dukungan dari orang tua, serta pendekatan individual guru kepada anak. Namun, terdapat pula faktor hambatan seperti keterbatasan jumlah dan variasi buku bergambar, serta belum optimalnya penggunaan buku dalam pembelajaran harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTabi'in, AUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku cerita bergambar, keterampilan membaca, anak usia dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Nov 2025 06:38
Last Modified: 03 Nov 2025 06:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15916

Actions (login required)

View Item View Item