Strategi pemasaran warung makan super penyet 88 Kota Pekalongan ditinjau dari etika bisnis islam

Royati, Aulia (2023) Strategi pemasaran warung makan super penyet 88 Kota Pekalongan ditinjau dari etika bisnis islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119061_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4119061_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
4119061_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena bisnis ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak modal serta pangsa pasar yang menembus semua kalangan. Setiap bisnis yang dijalankan pasti membutuhkan konsep dan strategi yang diterapkan karena hal tersebut merupakan penentu keberhasilan suatu bisnis. Strategi dasar yang harus dilakukan suatu perusahaan yaitu menetapkan strategi pemasaran karena strategi pemasaran digunakan untuk menyusun perencanaan perusahaan secara keseluruhan. Selain menentukan strategi pemasaran yang tepat, penting juga dalam memperhatikan etika bisnis yang sesuai dengan syariat Islam agar bisnis yang dijalani membawa keberkahan dan kemaslahatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh warung makan Super Penyet 88 dan untuk mengetahui strategi pemasaran warung makan Super Penyet 88 ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam pengumpulan penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informannya yaitu owner, karyawan dan konsumen Super Penyet 88. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dimana sampel diperoleh melalui kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Super Penyet 88 dapat mengidentifikasi pasar produknya dengan baik melalui strategi segmenting, targeting dan positioning sehingga dapat mengetahui strategi pemasaran yang seharusnya dilakukan. Owner Super Penyet 88 telah mampu menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan etika bisnis Islam karena berhasil dalam menyediakan produk yang tepat, harga yang terjangkau, tempat yang baik dan promosi yang efektif yang ditinjau dari etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasrur, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bisnis Kuliner, Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 09 Nov 2025 03:08
Last Modified: 09 Nov 2025 03:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item