Bimbingan Islami Berbasis Tadarus Al-Qur’an Dalam Mengurangi Kemalasan Belajar Pada Siswa MTs At-Taqwa Bandar

Kholisa, Nur (2025) Bimbingan Islami Berbasis Tadarus Al-Qur’an Dalam Mengurangi Kemalasan Belajar Pada Siswa MTs At-Taqwa Bandar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521085_COVER_BAB 1 DAN BAB 5_DP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3521085_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3521085_FULL TEXT_B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi bimbingan Islami berbasis tadarus Al-Qur'an dalam mengurangi kemalasan belajar siswa di MTs At-Taqwa Bandar. Kemalasan belajar ditandai oleh ciri-ciri seperti sering mengeluh, mengabaikan tugas, kehadiran buruk, tidak memiliki cita-cita, dan perhatian cepat beralih, yang disebabkan oleh faktor internal (motivasi intrinsik lemah) dan eksternal (kurangnya perhatian orang tua, pengaruh teman sebaya, serta distraksi teknologi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi kemalasan belajar dan efektivitas bimbingan Islami berbasis tadarus Al-Qur'an dalam mengatasinya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di MTs At-Taqwa Bandar, melibatkan wawancara mendalam dengan pembimbing dan tiga siswa partisipan, serta observasi dan dokumentasi. Implementasi bimbingan Islami dilakukan melalui tiga tahapan berdasarkan Anwar Sutoyo: memperkuat keyakinan dengan bismillah dan penjelasan bahwa belajar adalah ibadah, memotivasi pemahaman ajaran agama melalui motivasi sebelum tadarus dan penjelasan makna ayat juz 30 setiap pagi selama 15 menit, serta memotivasi penerapan Iman, Islam, dan Ihsan dengan membiasakan membaca Al-Qur'an di rumah dan melibatkan Allah dalam segala aktivitas. Hasil menunjukkan bahwa program ini efektif mengurangi kemalasan belajar dengan meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab, fokus, serta penurunan perilaku menunda tugas dan keterlambatan. Siswa mengalami perubahan positif seperti lebih rajin belajar, membaca Al-Qur'an di rumah, dan pemahaman nilai-nilai Al-Qur'an yang lebih baik, meskipun ada tantangan konsistensi dan kebosanan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa bimbingan Islami berbasis tadarus Al-Qur'an merupakan solusi efektif untuk mengatasi kemalasan belajar melalui pendekatan spiritual dan holistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Tadarus Al-Qur'an, Kemalasan Belajar, Self-Determination Theory, Mts At-Taqwa Bandar.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:40
Last Modified: 11 Nov 2025 04:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item