Kesehatan mental dalam perspektif al Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia

Ali, Ali (2020) Kesehatan mental dalam perspektif al Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini adalah berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat yaitu menurunnya kualitas moral manusia yang dicirikan oleh menurunnyan ilai-nilai akhlak seperti minum-minuman keras, tawuran antarpelajar, kurang disiplin, mencuri, merampok, memperkosa, pencabulan, penganiayaan, yang menggambarkan pada keadaan mental tidak sehat. Sehingga perlu adanya program untuk meningkatkan mental sehat yang didasarkan pada nilai-niai al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana konsep kesehatan mental perspektif al-Qur’an? 2. Bagaimana konsep pendidikan Islam kontemporer di Indonesia? 3. Apa relevansi antara kesehatan mental perspektif al-Qur’an dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah: 1. Menganalisis konsep kesehatan mental perspektif al-Qur’an. 2. Menganalisis konsep pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. 3. Menganalisis relevansi kesehatan mental perspektif al-Qur’an dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati. Dari penelitian ini diperoleh suatu data deskriptif yang menggambarkan teori tentang kesehatan mental perspektif al-Qur’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualits mental manusia melalui pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia. Pelaksanaannya yaitu melalui amal sholeh seperti sholat, dzikir, puasa, zakat, haji, dan ruqyah. Dalam segi evaluasi perlu pengenalan aspek-aspek moral. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesehatan mental manusia yang baik melalui pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesehatan mental, perspektif al-Qur’an, Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:04
Last Modified: 22 Jun 2021 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item