Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Open-Ended Dalam Meningkatkan Pemahaman Konseptual Matematika Pada Siswa SMK Pelayaran Jakarta Raya

Ramadhani, Hana Maulida (2025) Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Open-Ended Dalam Meningkatkan Pemahaman Konseptual Matematika Pada Siswa SMK Pelayaran Jakarta Raya. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621046_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621046_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2621046_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konseptual matematika siswa yang masih dipengaruhi oleh penerapan metode pembelajaran konvensional, di mana guru lebih dominan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif dan kurang terlibat secara aktif dalam menemukan konsep. Kondisi ini mendorong perlunya penerapan model pembelajaran yang mampu menumbuhkan aktivitas berpikir kritis dan pemahaman konsep secara mendalam. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) berbasis open-ended, yang menekankan keterlibatan siswa dalam memecahkan masalah terbuka dengan berbagai alternatif penyelesaian, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konseptual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model PBL berbasis open-ended dalam meningkatkan pemahaman konseptual matematika pada siswa kelas X SMK Pelayaran Jakarta Raya. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL berbasis open-ended dan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep matematika yang diberikan pada pretest dan posttest. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji-t independent samples, serta perhitungan N-Gain dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 30.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t independent samples terhadap nilai posttest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,05, yang berarti model PBL berbasis Open-Ended efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual matematika siswa. Selain itu, hasil perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konseptual pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Open-Ended, Pemahaman Konsep, Matematika, SMK PELAYARAN
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:20
Last Modified: 11 Nov 2025 03:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item View Item