Azizah, Laelatul (2025) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas I SD Negeri 6 Kendalsari Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2319201_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2319201_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2319201_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
Abstract
Guru memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa khususnya disekolah, guna menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan emosional yang ada dalam diri siswa. Peran guru yang tepat untuk mengembangkan kecerdasan emosi adalah guru sebagai pengelola kelas, pengawasan terhadap lingkungan belajar turut menentukan sejauh mana lingkungan tersebut menjadi lingkungan yang baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosi siswa kelas I SD Negeri 6 Kendalsari Petarukan Pemalang dan mendeskripsikan tentang hambatan dan solusi peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosi siswa Kelas I SD Negeri 6 Kendalsari Petarukan Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Miles and Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil analisis data menjelaskan bahwa peran guru dalam membangun kecerdasan emosional siswa meliputi lima aspek sebagaimana yang diungkapkan oleh Daniel Goleman diantaranya yaitu Peran Guru dalam mengembangkan kecerdasan emosi Kelas I SD Negeri 6 Kendalsari Petarukan Pemalang yaitu sebagai pengajar, sebagai pengelola, sebagai pendidik, sebagai pembimbing dan sebagai motivator. Hambatan yang dihadapi guru yaitu siswa kesulitan memahami emosi, siswa kesulitan dalam mengelola emosinya untuk belajar mandiri, siswa kurang mentaati peraturan dan norma yang berlaku disekolah dan siswa kesulitan dalam berkonsentrasi dalam belajar. Solusi yang dilakukan guru yaitu guru Memberikan pembelajaran mengenai pengenalan emosi pada siswa, guru memberikan pemahaman kepada siswa untuk mengelola emosinya agar dapat belajar secara mandiri, guru memberikan pendidikan tentang pentinggnya mentaati peraturan dan norma yang ada disekolah, guru memberikan bimbingan kepada siswa pentingnya berkonsentrasi dalam belajar agar tujuan pendidikan dapat tercapai dan guru memberikan motivasi pentingnya belajar mengelola emosi untuk meningkatkan semangat belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 07:54 | ||||||||
| Last Modified: | 10 Nov 2025 07:54 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
