Peran orang tua, guru dan lingkungan pergaulan dalam memotivasi belajar siswa pada mapel pai di SMP Negeri 1 Tersono Batang

Mufid, Abdul (2020) Peran orang tua, guru dan lingkungan pergaulan dalam memotivasi belajar siswa pada mapel pai di SMP Negeri 1 Tersono Batang. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan Tesis ini adalah orang tua, guru, dan lingkungan pergaulan mempunyai peran yang sangat besar dalam memotivasi belajar siswa. SMP Negeri 1 Tersono Batang mampu mengajak kerjasama antara pihak sekolah, orang tua dan masyarakat untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anaknya, terutama pendidikan agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa pada mapel PAI di SMP Negeri 1 Tersono Batang? 2. Bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mapel PAI di SMP Negeri 1 Tersono Batang? 3. Bagaimana peran lingkungan pergaulan dalam memotivasi belajar siswa pada mapel PAI di SMP Negeri 1 Tersono Batang? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah 1.Untuk menganalisis peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa pada mapel PAI di SMP Negeri 1 Tersono Batang. 2. Untuk menganalisis peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mapel PAI di SMP Negeri 1 Tersono Batang. 3. Untuk menganalisis peran lingkungan pergaulan dalam memotivasi belajar siswa pada mapel PAI di SMP Negeri 1 Tersono Batang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati. Dari penelitian ini di peroleh suatu data deskriptif yang menggambarkan peran orang tua, guru, dan lingkungan pergaulan dalam memotivasi belajar siswa pada mapel PAI dengan tempat penelitian di SMP Negeri 1 Tersono Kabupaten Batang, adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian ini adalah peran guru sebagai motivator sangat dominan dalam memotivasi belajar siswa yang terlihat dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan kegiatan di luar pembelajaran kelas, Peran orang tua dalam memotivasi belajar anak dengan cara memberi perhatian dan dukungan, mengenali kesulitan belajar dan memberi fasilitas belajar. Kemudian peran lingkungan pergaulan teman sebaya dalam memotivasi belajar siswa sebagai sumber informasi mengenai dunia di luar keluarga, sumber kognitif untuk pemecahan masalah dan perolehan pengetahuan serta sumber untuk mengarahkan emosional guna mengungkapkan ekspresi dan identitas diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMakrum, MakrumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Guru, Lingkungan Pergaulan, Motivasi Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:25
Last Modified: 22 Jun 2021 03:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item