Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pendekatan Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Jurusan Dpib Di Smk N 1 Kedungwuni

Sari, Audy Friska Arnita (2025) Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pendekatan Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Xi Jurusan Dpib Di Smk N 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20622043_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20622043_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20622043_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sari, Audy Friska Arnita. 2025. “Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Jurusan DPIB di SMK N 1 Kedungwuni”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK N 1 Kedungwuni. Hal ini terlihat dari kesulitan siswa dalam menghasilkan ide secara mandiri, merancang solusi inovatif, serta kecenderungan hasil karya yang seragam. Aspek kreativitas dalam penilaian mata pelajaran produktif menunjukkan skor terendah dengan rata-rata 68,5 dari skala 100. Model pembelajaran yang cenderung satu arah dan kurangnya integrasi antarbidang ilmu diduga menjadi penyebab permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 1 Kedungwuni yang berjumlah 526 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 68 siswa yang terbagi dalam dua kelas: kelas XI DPIB 1 sebagai kelas eksperimen (34 siswa) yang mendapat perlakuan PjBL berbasis STEAM, dan kelas XI DPIB 2 sebagai kelas kontrol (34 siswa) yang mendapat pembelajaran PjBL konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari 4 soal uraian valid dan reliabel dengan nilai Cronbach's Alpha 0,970. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang diukur meliputi kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan Independent Sample t-Test dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PjBL berbasis STEAM melalui proyek pembuatan miniatur tangga berhasil mengintegrasikan kelima aspek STEAM secara menyeluruh dan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna; (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan pada semua indikator, dengan nilai rata-rata post-test 84,76 sedangkan kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata post-test 75,18; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pembelajaran PjBL berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pada uji Independent Sample t-Test. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (84,76) lebih tinggi 9,58 poin dibandingkan kelas kontrol (75,18). Pembelajaran PjBL berbasis STEAM terbukti berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMK jurusan DPIB pada materi barisan dan deret aritmetika melalui integrasi kontekstual antara konsep matematika dengan bidang keahlian kejuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, M. Pd., Putri Rahadian Dyah198905192019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Pendekatan STEAM, Kemampuan Berpikir Kreatif, Barisan dan Deret Aritmetika, SMK Jurusan DPIB
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:19
Last Modified: 11 Nov 2025 06:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16139

Actions (login required)

View Item View Item