Efektivitas Model Problem-Based Learning Melalui Simulasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Smk N 1 Kedungwuni

Shilfiana, Alya (2025) Efektivitas Model Problem-Based Learning Melalui Simulasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Smk N 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20622039_Cover_bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20622039_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20622039_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Shilfiana, Alya. 2025. “Efektivitas Model Problem-Based Learning Melalui Simulasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMK N 1 Kedungwuni”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di SMK N 1 Kedungwuni. Hasil observasi menunjukkkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar matematika serta menghubungkannya dengan situasi nyata. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model Problem-Based Learning (PBL) melalui simulasi yang menekankan pemecahan masalah kontekstual melalui kegiatan simulasi, sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya secara aktif dan memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna. Berdasarkan permasalahan ini, penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalisis penerapan Problem-Based Learning (PBL) melalui simulasi dalam pembelajaran matematika, 2) menganalisis pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya model tersebut, 3) mengetahui efektivitasnya terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa di SMK N 1 Kedungwuni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Kedungwuni. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu cluster random sampling maka diperoleh TKJ 1 kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan TKJ 2 kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dipakai dengan uji Mann-Whitney menggunakan aplikasi SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian 1) observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase rata-rata sebesar 90,43% termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga penerapan model ini berjalan secara optimal. 2) Hasil tes pemahaman konsep menunjukkkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai pre-test sebesar 72,56 meningkat menjadi 76,11 pada post-test. Jumlah siswa yang mencapai KKM (75) di kelas eksperimen meningkat dari 12 siswa (33%) menjadi 22 siswa (61,1%), termasuk dalam kategori baik. 3) Hasil hipotesis penelitian dilakukan dengan uji Mann-Whitney pada data post-test menunjukkan nilai signifikansi 0,011 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL melalui simulasi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi SPLDV.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSari, M.Pd, Nurul Husnah Mustika199109062020122019UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Simulasi, Pemahaman Konsep
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:12
Last Modified: 11 Nov 2025 06:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item