Pujianingsih, Dina (2025) Penggunaan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas IV MI Salafiyah Ngalian Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2221060_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
|
|
Text
2221060_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2221060_COVER BAB 1 DAN BAB 5_DP.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV di MI Salafiyah Ngalian Kabupaten Pekalongan yang masih terfokus pada metode hafalan konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media flash card dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas IV, dan (2) untuk mengungkap kelebihan serta kekurangan media tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi proses pembelajaran di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flash card dilakukan melalui tahapan pengenalan kosakata baru dengan kartu bergambar-teks, aktivitas interaksi individu dan kelompok menggunakan kartu, serta permainan atau kuis sebagai penguatan. Pelaksanaan pembelajaran dengan media ini berhasil menciptakan suasana yang lebih aktif, meningkatkan motivasi siswa, dan memudahkan mereka dalam mengenali serta mengingat kosakata baru dibandingkan metode tanpa media. Di sisi kelebihan, media flash card terbukti memfasilitasi proses multisensorik (visual-teks-ucapan) yang memperkuat daya ingat siswa serta fleksibel digunakan oleh guru. Namun demikian, penelitian juga mengungkap beberapa kekurangan, yaitu distribusi interaksi siswa terhadap kartu yang belum merata, serta terbatasnya penggunaan kosakata dalam konteks kalimat atau komunikasi bebas yang menyebabkan penguasaan aktif kosakata masih kurang optimal. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media flash card merupakan strategi pembelajaran yang layak diterapkan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di tingkat dasar, namun efektivitasnya akan lebih optimal apabila disertai dengan distribusi yang merata, variasi aktivitas yang mengakomodasi semua siswa, dan integrasi kosakata ke dalam konteks penggunaan nyata.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Media Flash Card, Pembelajaran Kosakata, Bahasa Arab. | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:59 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:59 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
