Mahdaliya, Mehda (2025) Strategi Pemasaran Produk Umrah Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Di PT Hijrah Makkah Madinah Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3621048_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (902kB) |
|
|
Text
3621048_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
3621048_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
Abstract
PT Hijrah Makkah Madinah Kabupaten Pekalongan merupakan biro perjalanan khusus atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Semakin berkembangnya zaman ini persaingan antar biro semakin ketat oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif agar tidak ketinggalan zaman dan terus berkembang dan maju. Strategi pemasaran merupakan suatu rencana yang akan ditetapkan secara maksimal agar menjalankannya sesuai dengan target. Untuk itu, diperlukan strategi pemasaran yang sistematis seperti bauran pemasaran (Marketing Mix). Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana konsep strategi pemasaran produk umrah di PT Hijrah Makkah Madinah Kabupaten Pekalongan? 2. Bagaimana analisis strategi bauran pemasaran terhadap implementasi pemasaran produk umrah dalam meningkatkan jumlah jamaah di PT Hijrah Makkah Madinah? Tujuan penelitian 1. Untuk mengetahui bagaimana konsep strategi pemasaran produk umrah di PT Hijrah Makkah Madinah. 2. Untuk mengetahui analisis strategi bauran pemasaran terhadap implementasi pemasaran produk umrah dalam meningkatkan jumlah jamaah di PT Hijrah Makkah Madinah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pihak manajemen, staf pemasaran, dan jamaah PT Hijrah Makkah Madinah. Selain itu, data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep strategi pemasaran yang diterapkan PT Hijrah Makkah Madinah berorientasi pada pemasaran berbasis kebutuhan dan kepuasaan jamaah dengan mengedepankan kualitas pelayanan, transparansi informasi, serta pembimbingan intensif kepada jamaah. Sementara itu, implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup aspek produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik berjalan efektif dalam meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk memilih layanan umrah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Produk Umrah, Bauran Pemasaran | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:43 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:43 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
