Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Maharah Kalam Siswa Kelas VII di Mtsisthifaiyah Nahdliyah (MTSIN)Banyurip Ageng Pekalongan Tahun 2018/2019

Maulana, M Islahul (2019) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Maharah Kalam Siswa Kelas VII di Mtsisthifaiyah Nahdliyah (MTSIN)Banyurip Ageng Pekalongan Tahun 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Berbicara dengan bahasa asing merupakan keterampilan dasar yang menjadi tujuan dari beberapa tujuan pengajaran bahasa. Sebagaimana berbicara (Kalam) adalah sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Keterampilan berbicara mutlak sangat diperlukan. Keterampilan menyimak dan berbicara saling berkaitan. Dalam menyimak seseorang mendapat informasi, sedangkan dalam berbicara seseorang menyampaikan pikiran, perasaan melalui alat ucap. Latihan berbicara berupa penerapan langsung tentang apa yang didengar secara pasif dalam latihan menyimak. Dapat dikatakan bahwa tanpa latihan lisan yang intensif penguasaan dan pemahaman bahasa Arab secara sempurna akan sulit dicapai. Salah satu kelemahan sistem dalam pengajaran bahasa Arab adalah kurangnya latihan yang intensif sehingga sedikit sekali peserta didik yang mampu mengutarakan pikiran dan perasaan secara lisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan tahun 2018/2019? Apa faktor-faktor kesulitan belajar maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan tahun 2018/2019? Bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor kesulitan belajar maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan tahun 2018/2019? Tujuan penelitian untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor kesulitan belajar maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan langkah-langkah analisis kualitatif yaitu reduksi data, Penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan pertama, pelaksanaan pembelajaran maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan dilakukan dengan tiga tahap yaitu: Tujuan, perencanaan dan pelaksanaan. a) Tujuan, tujuan pembelajaran maharah kalam kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, selain itu sebagai sarana berinteraksi dengan orang lain seperti tanya jawab dan menyampaikan informasi lisan dengan baik dan benar. b) Perencanaan, sebelum memulai kegiatan pembelajaran terlebih dahulu guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus guna mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran. c) Pelaksanaan, materi pembelajaran maharah kalam kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan tentang المرافق والادوات المدرسة pada Maharah Kalam. Dalam materi tersebut siswa diajarkan cara hiwar (Percakapan) tentang fasilitas yang ada di sekolah, sesuai yang ada dalam materi tersebut. Dan sudah menetukan metode, teknik, media dan evaluasi pembelajaran.Kedua, faktor-faktor kesulitan belajar maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan: Faktor linguistik dan faktor nonlinguistik. Faktor Linguistik antara lain: kesulitan siswa dalam mengartikan, kesulitan mengucapkan bahasa Arab. Faktor Nonlinguistik: Perbedaan latar belakang pendidikan siswa, tingkat kemampuan siswa berbeda, lingkungan rumah yang kurang mendukung, kurang motivasi dan minat siswa dan kurangnya jam pelajaran. Ketiga. solusi mengatasi faktor-faktor kesulitan belajar maharah kalam siswa kelas VII di MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan: Semangat guru, kamus bahasa Arab, minat dan semangat belajar dan waktu tambahan/ ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyir, MushoffaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Maharah Kalam, Faktor Kesulitan Belajar Maharah Kalam
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 27 Apr 2020 05:04
Last Modified: 27 Apr 2020 05:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item