Bahiroh, Zahrotun (2025) Implementasi Metode Gramatika Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Ix Di Smp Salafiyah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
|
Text
20222019_Zahrotun B_Cover, bab 1 dan bab 5.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
20222019_FULL TEXTT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
20222019_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SMP Salafiyah Pekalongan, yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kauman, Pekalongan Timur, masih menghadapi kendala dalam penguasaan tata bahasa dan penerjemahan teks Arab. Kondisi ini menunjukkan perlunya metode pengajaran yang sesuai, seperti metode gramatika tarjamah yang menggabungkan pembelajaran tata bahasa dan penerjemahan untuk meningkatkan pemahaman bahasa Arab siswa. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IX di SMP Salafiyah Kota Pekalongan?, dan (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode gramatika tarjamah dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor selama penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas IX, sedangkan objek penelitian adalah proses implementasi metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode gramatika tarjamah sudah diterapkan dalam tiga tahap utama. Pertama, perencanaan dengan menentukan tujuan, materi, dan waktu pembelajaran bahasa Arab. Kedua, pelaksanaan disini guru menentukan metode dan media apa yang nantinya akan digunakan, serta evaluasi yang mencakup pengerjaan soal-soal latihan terkait kaidah bahasa, latihan hiwar (dialog), membaca teks Arab, penerjemahan teks, serta pelaksanaan teks tertulis berupa Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS/UAS). Faktor pendukung meliputi : latar belakang pendidikan guru yang kompeten, pengalaman mengajar yang cukup lama, mayoritas siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI), serta sarana dan prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambat pengimplementasian metode ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, kondisi kelas yang kurang kondusif, dan waktu yang kurang memadai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:58 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:58 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16216 |
Available Versions of this Item
- Implementasi Metode Gramatika Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Ix Di Smp Salafiyah Kota Pekalongan. (deposited 12 Nov 2025 08:58) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
