Dany, Zhafa Ahmad (2025) Strategi Dakwah Kontemporer Terhadap Generasi Z (Studi Kasus Pada Akun @iqomic). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3421137_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3421137_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
3421137_Lampiran.pdf Download (931kB) |
Abstract
Fenomena pergeseran media dakwah di era digital, khususnya pada Generasi Z yang cenderung lebih dekat dengan media sosial daripada pengajian konvensional. Salah satu bentuk dakwah kontemporer yang berkembang adalah komik dakwah digital, seperti yang dilakukan akun Instagram @iqomic. Akun ini menyampaikan pesan-pesan Islam melalui ilustrasi komik yang ringan, humoris, dan sesuai dengan gaya hidup anak muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi dakwah kontemporer yang digunakan oleh akun @iqomic dalam menyampaikan pesan keislaman kepada Generasi Z, serta untuk menganalisis respon Generasi Z terhadap pesan dakwah yang dikemas melalui komik digital di media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap konten dakwah akun @iqomic yang dipilih menggunkan teknik purposive sampling dengan kreiteria yaitu, konten komik dakwah, mengandung pesan Islami, konten dari bulan Juli-September dan memiliki interaksi tinggi, wawancara dengan followers dari kalangan Generasi Z, serta dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara online dengan informan, sedangkan data sekunder berasal dari buku, jurnal, dan referensi lain yang relevan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi dakwah kontemporer akun @iqomic memadukan pendekatan rasional, emosional, dan indrawi dengan memanfaatkan media visual komik, bahasa gaul, serta isu-isu aktual yang dekat dengan kehidupan Generasi Z. (2) Respon Generasi Z terhadap konten dakwah @iqomic cenderung positif, ditandai dengan interaksi tinggi berupa likes, komentar, dan share, serta pernyataan bahwa pesan dakwah terasa ringan, relatable, namun tetap bermakna. Dengan demikian, dakwah melalui komik digital terbukti efektif sebagai sarana dakwah kontemporer yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Generasi Z.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah Kontemporer, Generasi Z, Instagram, Komik Dakwah, @Iqomic | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:44 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:44 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
