Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Qirā’ah Kelas IV SDI Baitussalam 02 Kota Pekalongan

Istikharoh, Istikharoh (2025) Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Qirā’ah Kelas IV SDI Baitussalam 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220085_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220085_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2220085_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa di kelas VII MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran bahasa Arab Mahārah Qirā’ah, serta menganalisis pengaruhnya terhadap keaktifan siswa kelas IV SDI Baitussalam 02 Kota Pekalongan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keaktifan dan kemampuan siswa dalam memahami teks Arab akibat pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah dan penerjemahan kata per kata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer berupa guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas IV, serta sumber data sekunder berupa dokumen pembelajaran dan buku ajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) berjalan efektif dan memberikan dampak positif terhadap keaktifan belajar siswa. Melalui tahapan think, siswa berlatih memahami teks secara mandiri; pada tahap pair, mereka berdiskusi dan saling membantu dalam memahami isi bacaan; sedangkan pada tahap share, siswa tampil percaya diri menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Penerapan model ini mampu meningkatkan keaktifan, kerja sama, keberanian, serta rasa percaya diri siswa dalam belajar Bahasa Arab. Meskipun sebagian kecil siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami teks secara mandiri, secara keseluruhan model TPS terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghiffary, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, keaktifan siswa, Bahasa Arab, Mahārah Qirā’ah.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:46
Last Modified: 14 Nov 2025 06:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16248

Actions (login required)

View Item View Item