Saputra, Ikhwan (2025) Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Model Problem-Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2621024_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2621024_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2621024_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Syafi’i Akrom Kota pekalongan disebabkan karena siswa masih kesulitan memahami materi ajar. Hal ini dikarenakan guru cenderung menerapkan strategi satu arah, di mana guru mendominasi kegiatan mengajar. Guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang meperhatikan kebutuhan siswa yang berbeda-beda. Strategi pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menyesuaikan konten, proses, dan produk belajar dengan berbagai kebutuhan siswa diantaranya kesiapan, minat, serta profil belajar siswa. Penerapan strategi ini akan lebih efektif bila dipadukan dengan model Problem-Based Learning (PBL), yang berfokus pada pemecahan masalah kontekstual untuk mendorong kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan mandiri sehingga hasil belajar meningkat. Hal ini membuat peneliti tertarik apakah strategi pembelajaran berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar matematika siswa khususnya kelas XI SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem-Based Learning (PBL)?. 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model Problem-Based Learning (PBL)?. 3) Bagaimana efektivitas strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan desain quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan yang berjumlah 427 siswa. Kemudian sampel menggunakan 2 kelas diantaranya XI TKJ 3 dan XI TKJ 4. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Model Problem-Based Learning (PBL) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Pelaksanaan strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model PBL memberikan hasil belajar yang signifikan. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata siswa meningkat dari 41,94 menjadi 79,68, sedangkan pada kelas kontrol meningkat dari 41,18 menjadi 70,88. Peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa siswa lebih memahami materi ketika belajar dengan cara yang sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing. Hasil analisis statistik melalui uji independent samples t-test menunjukkan bahwa strategi ini efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Pada uji kemampuan awal (pretest) diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,815 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan awal antara kelas kontrol dan eksperimen. Namun, pada uji kemampuan akhir (posttest), nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, strategi pembelajaran berdiferensiasi melalui model Problem-Based Learning (PBL) terbukti lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Model Problem-Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika. | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:40 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:40 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
