Optimalisasi Manajemen Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Dalam Meningkatkan Kesiapan Calon Jemaah Haji Pada KBIH An-Nahdliyah Pekalongan

Zamzami, Fairuz M Naufal (2025) Optimalisasi Manajemen Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Dalam Meningkatkan Kesiapan Calon Jemaah Haji Pada KBIH An-Nahdliyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3621049_Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3621049_Cover_Bab I dan Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
19 LAMPIRAN fairuz m.naufal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Haji termasuk salah satu dari rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap Muslim yang memiliki kapasitas serta pemahaman yang cukup. salah satu media ibadah penting ialah bimbingan ibadah haji dan umrah. Ketidak mampuan jemaah haji dalam melaksanakan ibadahnya secara efektif merupakan hal yang kerap terjadi pada jemaah haji. Terkait pemahaman jemaah haji terhadap ibadah haji, ada yang buta huruf dan tidak mampu menulis surat saat mengikuti pelatihan bimbingan manasik, khususnya di KBIH An-Nahdliyah. KBIH bertanggung jawab memberikan pelayanan dan memberikan materi kesiapan sebaik-baiknya kepada calon jemaah haji. Rumusan Masalah pada penilitian ini yaitu: 1. Bagaimana manajemen bimbingan manasik haji pada KBIH An-Nahdliyah Pekalongan? 2. Bagaimana optimalisasi manajemen pelayanan bimbingan manasik haji dalam meningkatkan kesiapan calon jamaah haji pada KBIH An-Nahdhiyah Pekalongan? Tujuan Penelitian Untuk mengetahui manajemen bimbingan manasik haji pada KBIH An-Nahdliyah Pekalongan 2. Untuk mengetahui optimalisasi manajemen pelayanan bimbingan manasik haji dalam meningkatkan kesiapan calon jamaah haji pada KBIH An-Nahdliyah Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan menggunakan data reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan di KBIH An-Nahdliyah sudah berjalan dengan rapih, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai pengawasan. Program bimbingannya dimulai enam bulan sebelum musim haji, dengan materi yang fokus, interaktif, dan disesuaikan sama kebutuhan jemaah berdasarkan nilai-nilai Nahdlatul Ulama. Pelayanan yang diterapkan berdampak positif untuk kesiapan calon jemaah haji, dari segi pembinaan mental lewat kajian agama dan tausiyah, kesiapan fisik lewat cek kesehatan dan latihan fisik, sedangkan pengetahuan dan finansial diperkuat dengan belajar teori praktik manasik dan pengelolaan administrasi serta dana yang transparan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrfandi, IrfandiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Bimbingan Manasik Haji, Kesiapan Jemaah, KBIH An-Nahdliyah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:31
Last Modified: 13 Nov 2025 02:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16275

Actions (login required)

View Item View Item