Khikmah, Riadhil (2019) Penerapan metode Qiyasiyya dalam pembelajaran Nahwu Kelas V di MSI 01 Kauman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Metode Qiyasiyyah merupakan suatu cara yang menyajikan bahan pelajaran nahwudengan cara memberikan qa’idah-qa’idah nahwu dilanjutkan dengan memberikan contoh-contoh yang terkait dengan qa’idah Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalahnya sebagai berikut, yaitu: 1. Bagaimana penerapan metode qiyasiyyah dalam pembelajaran nahwu kelas V di MSI 01 Kauman Pekalongan? 2.Apa saja kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode qiyasiyyah dalam pembelajaran nahwu kelas V di MSI 01 Kauman Pekalongan? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mendeskripsikan penerapan metode qiyasiyyah dalam pembelajaran nahwu kelas V di MSI 01 Kauman Pekalongan, 2. Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode hafalan dalam pembelajaran nahwu kelas V di MSI 01 Kauman Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Dalam analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis deskriptif dimana data tersebut tidak berupa angka tetapi berupa informasi uraian dalam bentuk bahasa/atribut-atribut yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Tujuan dalam penerapan metode qiyasiyyah yaitu untuk melatih peserta didik agar terbiasa dalam menghafal dan mampu memahami ataupun menerjemahkan percakapan atau tulisan yang menggunakan bahasa Arab. adapun evaluasi pembelajaran nahwu terdapat beberapa macam penilaian diantaranya penilaian lisan dan tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode qiyasiyyah dalam pembelajaran nahwu di MSI 01 kauman Pekalongan berjalan cukup efektif, banyak dari siswa yang semangat serta antusias pada saat pembelajaran nahwu. Hal ini terbukti dari sebagian besar siswa lebih bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran. Kelebihan dari penerapan metode qiyasiyyah dalam pembelajaran nahwu, yaitu: 1. Siswa lebih mudah memahami pelajaran nahwu melalui hafalan qa’idah, 2. Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi, 3. Peserta didik menjadi terbiasa dalam menghafal. Adapun kekurangannya adalah peserta didik kurang aktif dalam berpikir dan mengemukakan pendapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Qiyasiyyah, Pembelajaran Nahwu | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Sultan Mubarok | ||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2020 22:54 | ||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2020 22:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/163 |
Actions (login required)
View Item |