Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Membina Keluarga Sakinah di “Komunitas Keluarga Kita” Wilayah Pekalongan.

Umam, Azka Najmul (2019) Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Membina Keluarga Sakinah di “Komunitas Keluarga Kita” Wilayah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Keluarga merupakan sebuah unit terkecil di dalam masyarakat yang berfungsi sebagai wahana untuk mewujudkan kehidupan yang tentram, aman, damai dan sejahtera dalam suasana cinta dan kasih sayang di antara anggotanya. Suatu ikatan hidup yang didasarkan karena terjadi perkawinan. Namun dalam perjalanannya kondisi keluarga tidak selamanya sebagaimana yang diharapkan. Bahkan hal-hal yang tidak diinginkan dalam keluarga bisa berujung dengan perceraian. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan bimbingan kelompok dalam membina keluarga sakinah di “Komunitas Keluarga Kita” wilayah Pekalongan?, 2) Bagaimana metode bimbingan kelompok dalam membina keluarga sakinah di “Komunitas Keluarga Kita” wilayah Pekalongan?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dalam membina keluarga sakinah di “Komunitas Keluarga Kita” wilayah Pekalongan? Jenis penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data. Untuk memperoleh data mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumtasi. Menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Komunitas Keluarga Kita menerapkan bimbingan kelompok dari segi asas, dan tahapan kegiatannya serta berusaha membina keluarga sakinah kepada pesertanya. 2) Metode yang digunakan adalah metode behavior dengan teknik modeling dan clien centered dengan teknik teknik tidak membedakan, Peserta Lebih Aktif daripada Fasilitator, Berbagi atau Sharing, dan Diskusi. 3) Faktor Pendukung dalam kegiatan ini adalah Video materi, Media penyampaian materi, Partisipasi peserta yang baik Kopetensi pendidikan mendukung, Materi yang tersistematis. Faktor Penghambat dalam kegiatan adalah Kondisi kurang kondusif akibat macam-macam gangguan, tidak memiliki basecamp, Disiplin waktu yang kurang dan tidak rutinnya mengadakan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Keluarga Sakinah, Komunitas
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:29
Last Modified: 28 Jun 2021 06:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item