Muna, Indah Nailul (2025) Pemanfaatan Media Wayang Untuk Mengembangkan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B1 Di Ra Tholabuddin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2421077_COVER BAB I DAN BAB V.pdf Download (905kB) |
|
|
Text
2421077_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2421077_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) |
Abstract
Keterampilan menyimak salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Melalui kegiatan menyimak, anak belajar memahami pesan yang disampaikan secara lisan, menangkap makna dari cerita, serta mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik. Namun, pada kenyataannya, kemampuan menyimak anak usia dini masih sering kali belum berkembang secara optimal. Banyak anak yang mudah kehilangan konsentrasi, kurang fokus saat guru bercerita, serta belum mampu memahami isi cerita dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pemanfaatan media wayang untuk mengembangkan keterampilan menyimak melalui metode bercerita pada anak Kelompok B1 di RA Tholabuddin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? (2) Bagaimana peran guru dalam memanfaatkan media wayang untuk mengembangkan keterampilan menyimak melalui metode bercerita pada anak kelompok B1 di RA Tholabuddin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan media wayang dalam mengembangkan keterampilan menyimak melalui metode bercerita, serta untuk menjelaskan peran guru dalam memanfaatkan media wayang sebagai sarana pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak Kelompok B1 di RA Tholabuddin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak-anak di RA Tholabuddin Kecamatan Warunagsem Kabupaten Batang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media wayang untuk mengembangkan keterampilan menyimak anak, ditandai dengan meningkatnya kefokus, perhatian, dan kemampuan anak dalam
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menyimak, Bercerita, Anak Usia Dini | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 01:11 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 01:11 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
