Implementasi Pembelajaran Tahfidhul Qur`an Kelas VIII di MTs Azzaky Buaran Pekalongan

Khoirunnisa’, Khoirunnisa’ (2020) Implementasi Pembelajaran Tahfidhul Qur`an Kelas VIII di MTs Azzaky Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Tahfidhul Qur`an atau menghafalkan al-Qur`an adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian al-Qur`an yang diturunkan kepada Rasulullah saw di luar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan maupun sebagiannya. Menghafal al-Qur`an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Sebab orang yang menghafalkan Al-Qur`an merupakan salah satu hamba yang ahlullah di muka bumi. Itulah sebabnya tidak mudah dalam menghafal al-Qur`an. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana implementasi Pembelajaran tahfidhul Qur`an kelas VIII di MTs Azzaky Buaran Pekalongan?, dan (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran tahfidhul Qur`an kelas VIII di MTs Azzaky Buaran Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi pembelajaran tahfidhul Qur`an kelas VIII di MTs Azzaky Buaran Pekalongan dan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran tahfidhul Qur`an kelas VIII di MTs Azzaky Buaran Pekalongan. Pendekatan yang digunanakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian langsung ke lapangan (field research). Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: implementasi pembelajaran tahfidhul Qur`an kelas VIII di MTs Azzky Buaran Pekalongan dilakukan tiga tahap. Pertama, perencanaan pembelajaran meliputi menentukan tujuan dan manfaat, menentukan target hafalan, menyeleksi siswa dan pembuatan perangkat kelas. Kedua, pelaksanaan pembelajaran tahfidhul Qur`an meliputi alokasi waktu pembelajaran 6 jam pelajaran setiap satu minggu, materi yang digunakan adalah juz 2 dan juz 3, strategi yang digunakan adalah menggunakan satu jenis mushaf dan disetorkan kepada pengampu. Dalam metode menggunakan talaqqi, muraja`ah dan ziyadah. Ketiga, Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan adalah pada saat setoran hafalan, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester. Sedangkan faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran tahfidhul Qur`an kelas VIII ada 2 Faktor. Pertama, faktor pendukung meliputi tempat menghafal, motivasi dari guru, dukungan orang tua, tekad yang kuat dari diri siswa, guru yang professional dan lingkungan sekolah yang mendukung. Kedua, faktor penghambat meliputi kecerdasan, lupa dan munculnya sifat malas pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidhul Qur`an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:18
Last Modified: 15 Aug 2022 02:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item