Jumrohtin, Jumrohtin (2025) Analisis Strategi Dakwah Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri Melalui Youtube. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
3421138_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3421138_Full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
3421138_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu pendakwah yang aktif berdakwah melalui media sosial dengan channel YouTube Muhammad Nuzul Dzikri. Dalam konten yang diunggahnya terdapat dakwah yang menarik perhatian penonton. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba melakukan penelitian terkait strategi dakwah Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri melalui YouTube. Penulis melakukan penelitian dengan rumusan masalah, Bagaimana strategi dakwah yang dilakukan Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri melalui YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang digunakan Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri melalui YouTube. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penenlitian netnografi dengan metode analisis konten. Penelitian ini menggunakan analisis Teori Trategi Dakwah Muhammad Abu al-Fath Al-Bayanuni guna mengetahui strategi dakwah yang dilakukan dalam channel YouTube Muhammad Nuzul Dzikri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri menggunakan tiga strategi utama dalam dakwahnya, yaitu strategi sentimentil (al-manhaj al-‘athifi), strategi rasional (al-manhaj al-‘aqli), dan strategi indrawi (al-manhaj al-hissi). Strategi sentimentil berfokus pada pendekatan emosional untuk menyentuh hati mad’u, strategi rasional menggunakan logika dan argumen yang masuk akal untuk memperkuat pemahaman agama, dan strategi indrawi berusaha mempengaruhi mad’u melalui contoh-contoh nyata dan praktik keagamaan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah, Media Sosial, YouTube, Strategi Muhammad Abu al-Fath Al-Bayanuni. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 03:10 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 03:10 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
