Implementasi Metode Keteladanan Dan Metode Pembiasaan Dalam Pendidikan Karakter Siswa Kelas Vi di MI Wahid Hasyim Warungasem Batang

Anil Khawa, Nafila (2019) Implementasi Metode Keteladanan Dan Metode Pembiasaan Dalam Pendidikan Karakter Siswa Kelas Vi di MI Wahid Hasyim Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dalam mendidik, membina dan mengembangkan pribadi manusia, baik dalam aspek intelektual maupun spiritual. Pada umumnya hakikat pendidikan lebih dikenal ketika berhasil ketika mampu menciptakan manusia yang berintelektual. pendidikan bukan hanya menciptakan manusia yang berintelekktual saja, akan tetapi pendidikan juga bertanggungjawab membentuk karakter pada diri seseorang. Dalam menanamkan karakter tentunya diperlukan sebuah pendekatan dalam pembelajaran. Pendekatan dalam upaya menumbuhkan karakter siswa salah satunya dengan menggunakan metode keteladanan dan metode pembiasaan. MI Wahid Hasyim Warungasem Batang telah mengimplementasikan metode keteladanan dan metode pembiasaan dalam pendidikan karakter. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumuan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) bagaimana karakter siswa kelas VI di MI Wahid Hasyim Warungasem, (2) bagaimana implementasi metode keteladanan dan metode pembiasaan dalam pendidikan karakter siswa kelas VI di MI Wahid Hasyim Warungasem, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode keteladanan dan metode pembiasaan dalam pendidikan karakter siswa kelas VI di MI Wahid Hasyim Warungasem. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam pnelitian ini langkah-langkahnya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter siswa kelas VI di MI Wahid Hasyim Warungasem memiliki perilaku aktif, serta memiliki rasa tanggungjawab, tolong menolong, sopan santun dan kedisiplinan yang tinggi. Karakter siswa kelas VI lebih banyak dipengaruhi oleh teman sebaya. Adapun implementasi metode keteladanan dan metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Warungasem diwujudkan melalui kegiatan madrasah antara lain masuk tepat waktu, berpakaian rapih, berdoa dan membaca Asma’ul Khusna, berjabat tangan dengan guru dan orang yang lebih tua, mengucapkan salam, tadarus Juz ‘Amma, sholat dhuhur berjama’ah. Karakter yang muncul dalam keteladanan dan pembiasaan ini adalah religius, jujur, sopan santun, disiplin, dan bertanggungjawab. Adapun faktor pendukung dalam implementasi metode keteladanan yaitu kepribadian dan keteladanan guru dan perilaku orangtua, sedangkan faktor pendukung implementasi metode pembiasaan yaitu peran oranng tua, serta sarana dan prasarana. Faktor penghambat dalam implementasi metode keteladanan yaitu perilaku tidak baik, sedangkat faktor penghambat implementasi metode pembiasaan yaitu teman sebaya, keterlambatan siswa, kurangnya tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros MeilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan, Pendidikan Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:20
Last Modified: 15 Aug 2022 02:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item