Pengembangan Instrumen Tes Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Bojong

WANTI, MURIMA AMANAH (2025) Pengembangan Instrumen Tes Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAPUS_MURIMA AMANAH WANTI.pdf

Download (892kB)
[img] Text
FULL TEXT_MURIMA AMANAH WANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN_CV_MURIMA AMANAH WANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

PtLSV(Pertidaksamaan Linear Satu Variabel) Dalam pembelajaran pasti akan ada instrumen tes sebagai alat untuk menilai kemampuan siswa. Terutama ketika pembelajaran matematika, instrumen tes sangat penting dan sering digunakan oleh guru dan siswa. Selain sebagai evaluasi pembelajaran, instrumen tes juga digunakan untuk mendiagnosis kemampuan awal siswa, untuk menempatkan siswa dalam kelompok pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan mereka, untuk memantau kemajuan siswa dalam memahami konsep-konsep matematika tertentu, serta sebagai penilaian formatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Instrumen Tes Matematika Berbasis HOTS Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Bojong. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui proses Pengembangan Instrumen Tes Berbasis HOTS Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Bojong. Sehingga fokus pada pengembangan instrumen tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan menggunakan teori Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan mmenggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Subjek penelitian yang digunakan pada tahap implementasi adalah 30 siswa untuk kelompok kecil, dan 60 siswa untuk kelompok besar. Sumber data primer dari penelitian pengembangan ini berupa data kuantitatif. Data yang dibutuhkan seperti informasi tentang sekolah yang akan dijadikan tempat penelitian, kurikulum yang digunakan, cakupan materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang telah dipelajari oleh siswa, serta bagaimana kemampuan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis tingkat kesukaran, analisis daya beda soal, dan analisis efektivitas pengecoh dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics 25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari 25 soal yang dikembangkan, terdapat 6 soal yang dinyatakan tidak valid, dan terdapat 4 soal yang memiliki daya pembeda tidak baik. Sedangkan untuk tingkat kesukaran hanya soal nomor 20 yang masuk kategori sukar, yang lainnya masuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadli, FailasufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes, Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), PtLSV(Pertidaksamaan Linear Satu Variabel)
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:22
Last Modified: 14 Nov 2025 08:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16405

Actions (login required)

View Item View Item