Anggiani, Dewi (2025) Analisis Pengaruh Sharia Compliance Dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Customer Retention Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Pengguna Byond By BSI Di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
40122169_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
40122169_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
40122169_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Era digital semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat, banyak lembaga perbankan bertransformasi menuju digitalisasi untuk memudahkan layanan nasabah melalui peluncuran aplikasi mobile banking. Namun, ancaman siber, seperti serangan ransomware, muncul sebagai tantangan serius yang berpotensi mengganggu loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sharia compliance dan relationship quality terhadap loyalitas nasabah dengan customer retention sebagai variabel intervening (studi pada nasabah pengguna Byond By BSI di Pekalongan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi seluruh nasabah pengguna Byond By BSI di Pekalongan. Sampel yang digunakan berjumlah 96 nasabah yang didapatkan melalui perhitungan rumus Lemeshow dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert, kemudian data dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitia menunjukkan bahwa sharia compliance berpengarh dan signifikan terhadap customer retention dengan nilai t hitung=3,071 > t tabel=1,661 serta nilai signifikansi=0,003 <0,05. Relationship quality berpengaruh dan signifikan terhadap customer retention dengan nilai t hitung=2,310 > t tabel=1,661 serta nilai signifikansi=0,023 < 0,05. Sharia compliance tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah karena nilai t hitung=0,374 < 1,661 serta nilai signifikansi=0,709 > 0,05. Relationship quality memberikan pengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung=3,973 > t tabel=1,661 serta nilai signifikansi=0,000 < 0,05. Customer retention mampu memberikan pengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung=4,193 > 1,661 serta nilai signifikansi=0,000 <0,05. Sharia compliance berpengaruh terhadap loyalitas nasabah melalui customer retention sebagai variabel intervening dengan nilai t hitung=2,283 > 1,661. Terakhir, variabel relationship quality berpengaruh terhadap loyalitas nasabah melalui customer retention sebagai variabel intervening dengan nilai t hitung=2 > 1,661.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Sharia Compliance, Relationship Quality, Customer Retention, Loyalitas Nasabah, dan BSI di Pekalongan | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 09:04 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 09:04 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
