Nafisah, zahrotun (2025) Pengaruh Influencer dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Platfrom Shopee Melalui Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4121172_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4121172_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
4121172_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bisnis digital merupakan bentuk kegiatan memanfaatkan teknologi internet sebagai media utama dalam pelaksanaan operasional perusahaan. Keberadaan e-commerce baru ini secara otomatis menciptakan tingkat persaingan yang lebih intens di antara platform e-commerce yang berada di Indonesia. Pemasaran influencer memiliki peran penting dalam pemilihan barang fashion yang dibeli di Shopee. Saat berbelanja online, hal penting yang dipertimbangkan ialah kualitas produk. Semakin besar kepercayaan pembeli terhadap suatu merek atau produk, semakin besar pula kepercayaan tersebut akan memengaruhi keputusan mereka untuk membelinya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel influencer, kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan konsumen melalui kepercayaan di platform shopee pada mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahit Pekalongan. Jenis penelitian menggunakan field research atau penelitian lapangan dengan metode pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan adalah 100 mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahit Pekalongan yang pernah membeli produk di shopee. Dalam penelitian ini data diolah menggunakan software komputer IBM SPSS statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel influencer tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan t-hitung 1,357 dan nilai signifikan 0,178 sedangkan variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan t-hitung 2,856 dan nilai signifikan 0,000. Variabel influencer dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen, hal ini ditunjukkan oleh t-hitung influencer sebesar 2,440 dengan signifikan 0,016 dan kualitas produk sebesar 5,396 dengan nilai signifikan 0,000. Influencer tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen, dengan nilai t-hitung 0,74976. Kualitas Produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen dengan nilai t-hitung 2,557803 di platform shopee pada mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahid.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Influencer, kualitas produk, pembelian, shopee, kepercayaan. | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:51 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:51 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
