Hisyam, Muhammad Afif (2025) Implementasi Kegiatan Khit}a>bah Dalam Melatih Mahārah al-kalām Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Azzam Gunung Pati Semarang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2221040_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2221040_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (413kB) |
|
|
Text
18 LAMPIRAN(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena yang menunjukkan bahwa tidak semua santri memiliki keberanian dan kemampuan yang optimal dalam berpidato menggunakan bahasa Arab. Hal ini terjadi meskipun para santri tersebut telah mengikuti kegiatan khiṭābah (latihan pidato) secara rutin. Kondisi ini menjadi latar belakang penting untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kurang optimalnya keberanian dan kemampuan berpidato bahasa Arab santri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan khiṭābah dalam melatih mahārah al-kalām santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Azzam Gunung Pati Semarang, serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi kegiatan khiṭābah dalam melatih mahārah al-kalām santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Azzam dan apa kelebihan serta kekurangan kegiatan khiṭābah dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab di lingkungan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Azzam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan ustadz bagian dakwah, pengurus JTA, serta santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Azzam. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, peneliti menerapkan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan objektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan khiṭābah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Azzam dilaksanakan secara sistematis melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, pengurus menyiapkan jadwal dan pembagian tugas santri sebagai petugas khiṭābah. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan dilaksanakan setiap pekan dengan pembagian kelompok dan bimbingan dari ustadz pembina dakwah. Sedangkan pada tahap evaluasi, pengurus menilai aspek penguasaan materi, pelafalan, serta keberanian santri dalam berbicara. Kegiatan khiṭābah terbukti mampu meningkatkan keberanian, keaktifan, dan penguasaan kosakata bahasa Arab santri. Namun demikian, kekurangan masih ditemukan, seperti kurangnya variasi materi, minimnya kosakata, serta rasa gugup sebagian santri saat tampil.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Khiṭābah, Mahārah al-kalām, Bahasa Arab | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:04 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:04 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
