Shodiq, Mohammad Ali (2025) Efektivitas Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Al-Ghayah wa at-taqrib SiSwa kelas VIII B di SMP Islam terpadu Al-Qutub Cendekia Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2121231_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2121231_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2121231_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh dua komponen utama, yakni motivasi peserta didik dan kreativitas pendidik. Motivasi belajar yang tinggi, jika didukung oleh pendidik yang mampu memfasilitasi serta mengarahkan motivasi tersebut secara optimal, akan berkontribusi signifikan terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran sendiri dapat diukur melalui indikator perubahan sikap dan peningkatan kompetensi peserta didik dalam proses belajar. Perancangan pembelajaran yang efektif harus mencakup desain instruksional Bagaimana pelaksanaan pelajaran kitab Al-Ghayah Wat Taqrib di SMP Islam Terpadu al-Qutub Cendikia Wonopringgo Pekalongan Seberapa evektif pembelajaran Al-Ghayah Wat AtTaqrib di SMPIT Al-Qutub Cendikia Wonopringgo pekalongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan pendekatan yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap realitas sosial melalui pemaparan data secara sistematis dan terperinci. Dalam konteks ini, penelitian juga dapat dikategorikan sebagai penelitian taksonomik (taxonomic research), yang berfokus pada eksplorasi dan klarifikasi fenomena sosial dengan mendeskripsikan berbagai variabel yang berkaitan dengan permasalahan serta unit analisis yang menjadi objek kajian. (Mulyadi, 2013). Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih melalui kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib di SMP Islam Terpadu Al-Qutub Cendekia Wonopringgo berlangsung secara terencana dan efektif. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan penerapan metode tradisional dan modern yang melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran ini meningkatkan pemahaman fiqih, kemampuan membaca teks Arab, serta praktik ibadah siswa. Faktor pendukung efektivitas meliputi kompetensi guru, metode pengajaran yang variatif, lingkungan religius, dan motivasi belajar yang tinggi, sedangkan kendala seperti keterbatasan waktu dan kemampuan bahasa Arab dapat diatasi melalui bimbingan tambahan. Secara keseluruhan, pembelajaran kitab ini berperan penting dalam menumbuhkan karakter religius, kemandirian, dan sikap kritis siswa terhadap ajaran Islam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pembelajaran Fiqih, Kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:06 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:06 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
