Pengaruh Metode Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kajen

Rozana, Hani (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_HANI ROZANA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEXT_HANI ROZANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN _HANI ROZANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Terlihat dari hasil kemampuan awal siswa (pretest) dalam memahami soal masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan mengkaji ulang jawaban masih kesulitan. Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa dan kurang aktif siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau berdasarkan self efficacy, kemudian ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara metode pembelajaran Think Pair Share dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental dan desain pretest posttest nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy , soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji Two Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data menghasilkan nilai sig. 0,003<0,05 sehingga H_0 ditolak artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Selanjutnya, nilai sig. 0,000<0,05 sehingga H_0 ditolak artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau berdasarkan self efficacy tinggi, sedang dan rendah. terakhir nilai sig. 0,699>0,05 sehingga H_0 diterima artinya tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NallimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 08:18
Last Modified: 14 Nov 2025 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16459

Actions (login required)

View Item View Item