Komodifikasi Agama Islam Pada Layanan Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Pada Produk Pasta Gigi Barakat Di Televisi)

Nurrohmah, Risqi (2025) Komodifikasi Agama Islam Pada Layanan Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Pada Produk Pasta Gigi Barakat Di Televisi). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421055_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (832kB)
[img] Text
3421055_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3421055_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pasta gigi barakat merupakan suatu produk yang memiliki dampak positif terhadap kesehatan. Meskipun demikian, iklan sebuah pasta gigi saat ini dapat eksis dan mampu menarik konsumen melalui tayangannya. PT. Lion Wings Indonesia selaku perusahaan yang memproduksi pasta gigi Barakat mencari ide yang menarik melalui momen keluarga. Produsen mengemas iklan pasta gigi sedemikian rupa menjadi tontonan yang menarik dengan menyelipkan nilai-nilai islami di dalamnya. Senada dengan konsep komodifikasi iklan pasta gigi Barakat edisi ini memanfaatkan nilai-nilai islami dalam momen keluarga menjadi sesuatu yang bernilai jual pada produknya. Iklan pasta gigi Barakat merupakan iklan yang diproduksi oleh PT. Lion Wings Indonesia yang terdapat nilai-nilai agama Islam yang dirancang untuk keluarga. Pada tanggal 18 Oktober 2023 iklan Barakat di rilis oleh perusahaan tersebut. Iklan pasta gigi Barakat dirancang supaya memberikan wawasan mengenai nilai Islam yang di dalamnya berisi kisah keluarga yang sangat menarik dalam menjaga kesehatan gigi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana komodifikasi nilai Agama Islam yang terdapat dalam iklan Pasta Gigi Barakat? (2) Bagaimana ikon, indeks, simbol komodifikasi Agama Islam dalam iklan Pasta Gigi Barakat? Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui komodifikasi nilai Agama Islam yang terdapat dalam iklan Pasta Gigi Barakat. (2) Untuk mengetahui ikon, indeks, simbol komodifikasi Agama Islam dalam iklan Pasta Gigi Barakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi agama dapat dipergunakan sebagai suatu nilai tukar yang bersifat komersial yang terdapat dalam iklan pasta gigi Barakat. Proses komodifikasi agama yang terdapat dalam iklan ini diawali dengan adegan keluarga dalam iklan pasta gigi Barakat yang menjelaskan mengenai nilai-nilai Islam. Sehingga diharapkan bagi yang menonton pun ikut memahami apa yang disampaikan dalam iklan tersebut. Ikon, indeks dan symbol dalam komodifikasi konten agama yang terdapat dalam iklan ini antara lain, ekspresi wajah ayah yang mual, huruf hijaiyah 'Ro'', gerakan ayah menyikat gigi, narasi hubungan kausal produk dan kebersihan, narasi interaksi keluarga, teks kemunculan produk 'yuk rawat gigi mu dengan Barakat', dan slogan gigi sehat yakin Barakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, M. Sos., Mukoyimah199206202019032016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Iklan, Analisis Semiotika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 14 Nov 2025 09:11
Last Modified: 14 Nov 2025 09:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item