Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Grantung

Rafiq, Aghna Naufal (2025) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Grantung. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321099-BAB I & V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321099-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321099-Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SD Negeri 2 Grantung. Pengamatan awal menunjukkan sebagian siswa kurang antusias, terutama saat kegiatan di luar ruangan atau aktivitas monoton, sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai faktor penyebab rendahnya minat belajar dan strategi guru untuk meningkatkannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa kelas V pada PJOK di SD Negeri 2 Grantung, dan (2) strategi apa yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkannya. Penelitian bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa dan menganalisis strategi guru dalam meningkatkan minat belajar PJOK. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru PJOK dan siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya minat belajar terdiri dari faktor internal, yaitu rendahnya motivasi, kondisi fisik yang lemah, rendahnya rasa percaya diri, dan kurangnya ketertarikan pribadi, serta faktor eksternal, yaitu peran guru yang belum variatif, dukungan keluarga yang kurang, dan pengaruh lingkungan pertemanan. Untuk meningkatkannya, guru menerapkan lima strategi utama: pembelajaran aktif, pembelajaran berbasis permainan (gamebased learning), pembelajaran kooperatif, penguatan motivasi, dan penggunaan media visual serta alat peraga sederhana. Strategi ini terbukti efektif meningkatkan semangat, keterlibatan, dan antusiasme siswa. Kesimpulannya, keberhasilan meningkatkan minat belajar siswa dipengaruhi tidak hanya oleh metode pembelajaran, tetapi juga oleh dukungan faktor internal dan eksternal yang saling berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Strategi Guru, PJOK.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:51
Last Modified: 17 Nov 2025 04:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16541

Actions (login required)

View Item View Item