Sunny, Fatimah Athaullah (2025) Persepsi guru terhadap kebijakan calistung dan pelaksanaannya di RAM NU Gumawang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2421004_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (725kB) |
|
|
Text
2421004_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2421004_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penerapan kegiatan calistung untuk Anak Usia Dini sampai saat ini masih menjadi kontroversi dikalangan masyarakat. Sebagian berpendapat bahwa calistung perlu diajarkan pada Anak Usia Dini. Sedangkan, sebagian lainnya berpendapat bahwa kegiatan calistung belum perlu untuk diajarkan pada Anak Usia Dini yang masih pada tahap bermain. Guru RAM NU Gumawang berupaya agar kegiatan calistung mengikuti kebijakan yang berlaku serta tidak mengabaikan harapan dan kemauan orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kebijakan pemerintah mengenai calistung untuk Anak Usia Dini ? (2) Bagaimana Persepsi guru RAM NU Gumawang mengenai kebijakan pemerintah terkait calistung? (3).Bagaimana proses pembelajaran calistung di RAM NU Gumawang ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pemerintah mengenai calistung untuk AUD, Mengetahui persepsi guru RAM NU Gumawang mengenai kebijakan pemerintah terkait calistung dan mengetahui penerapan kegiatan calistung di RAM NU Gumawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian Fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data Observasi,Wawancara dan Dokumentasi. Selain itu, Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan Reduksi data, Display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan persepsi diantara para guru RAM NU Gumawang. Sebagian guru telah memahami kebijakan-kebijakan dasar mengenai calistung. Sedangkan, sebagian guru lainnya belum memahaminya. mereka masih mengandalkan Kepala Sekolah atau guru senior lainnya terkait arahan dalam pelaksanaan pembelajaran calistung. Sedangkan untuk pelaksanaannya guru masih mengandalkan arahan dari Kepala Sekolah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Persepsi, kebijakan calistung, pelaksanaan calistung | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 04:40 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 04:40 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
