Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Pada Materi Transformasi Di SMP Negeri 1 Petarukan Pemalang

Ilma, Zidni (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Pada Materi Transformasi Di SMP Negeri 1 Petarukan Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621060_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (761kB)
[img] Text
2621060_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2621060_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Studi ini membahas tantangan dalam pendidikan matematika di Indonesia, di mana kemampuan matematika siswa, terutama di bidang-bidang seperti transformasi geometri, seringkali rendah dibandingkan dengan rata-rata global. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap masalah ini termasuk keterampilan aritmatika dasar siswa yang lemah, sikap belajar pasif, dan kurangnya metode pengajaran yang menarik yang sering mengandalkan metode tradisional dan menghafal. Masalah-masalah ini menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah dan buruk dalam matematika, menghambat kinerja akademik dan efikasi diri mereka secara keseluruhan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yang harus dicapai, yaitu bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model ekspository learning dan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan flashcard?, apakah terdapat pengaruh antara hasil belajar matematika siswa kelas IX yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan flashcard dengan siswa yang diajarkan menggunakan model ekspository learning?, Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran matematika dari siswa kelas IX yang diajarkan menggunakan model ekspository learning dan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan flashcard, dan untuk menganalisis dan membuktikan apakah terdapat perbedaan antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dengan flashcard. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan desain kuasi-eksperimental. Desain ini melibatkan dua kelas dengan cara membandingkan kelompok eksperimen, yang menggunakan model Team Games Tournament (TGT) dengan flashcard, dan kelompok kontrol, yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil pembelajaran siswa, dengan analisis termasuk uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya pembeda soal dari instrumen tes. Uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diikuti oleh uji t sampel independen untuk pengujian hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT), bila didukung oleh flashcard, berpengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa kelas IX dalam materi transformasi. Kelompok eksperimen, menggunakan Team Games Tournament (TGT) dengan flashcard, menunjukkan skor posttest rata-rata yang lebih tinggi (79,66) dan tingkat penyelesaian yang lebih tinggi (87,5%) dibandingkan dengan kelompok kontrol, yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (skor posttest rata-rata 73,25 dan tingkat penyelesaian 65,62%). Ini menunjukkan bahwa model Team Games Tournament (TGT) dengan flashcard lebih berpengaruh untuk mendorong peningkatan hasil belajar siswa, partisipasi aktif, dan retensi konsep matematika abstrak yang lebih baik melalui elemen visual dan interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini,, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, Flashcard, Hasil belajar matematika, Transformasi
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:59
Last Modified: 17 Nov 2025 04:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item View Item