Pelaksanaan bimbingan klasikal dalam membantu perencanaan karir siswa kelas ix MTs Hifal Buaran Pekalongan

Karimah, Abidatul (2020) Pelaksanaan bimbingan klasikal dalam membantu perencanaan karir siswa kelas ix MTs Hifal Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Bab I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Salah satu jenjang pendidikan formal yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setara dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs), siswa yang rata-rata mulai memasuki usia remaja. Masa remaja merupakan masa yang penuh dengan kesulitan-kesulitan, oleh karena itu masa tersebut dianggap sebagai masa transisi. Salah satu kesulitan yang dihadapi ialah menentukan pilihan karir mereka selanjutnya. Oleh karena itu perlu adanya bimbingan di sekolah agar siswa dapat memperoleh gambaran tentang berbagai jenis sekolah lanjutan yang ada, serta jenis-jenis jurusan yang sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengetahui bagaimana cara menempuh atau memperoleh jurusan yang diinginkan. Kesulitan-kesulitan untuk merencanakan karir akan dapat dihindari apabila siswa memiliki sejumlah informasi yang memadai tentang hal-hal yang berhubungan dengan sekolah lanjutan dan kerja. Kesulitan itu pula yang dihadapi siswa kelas IX MTs HIFAL Buaran Pekalongan. Untuk membantu siswanya dalam menentukan karirnya, guru BK MTs HIFAL Buaran Pekalongan memberikan layanan bimbingan klasikal. Bimbingan klasikal dapat membantu peserta didik dalam menyesuaikan diri, mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri, mampu beradaptasi dalam kelompoknya, mampu meningkatkan harga diri,konsep diri, dan mampu menerima support dan memberikan support pada temannya. Sehingga bimbingan klasikal juga akan sangat membantu peserta didik dalam merencanakan karir. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan karir siswa kelas IX MTs HIFAL Buaran Pekalongan? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan klasikal dalam membantu perencanaan karir siswa kelas IX MTs HIFAL Buaran Pekalongan?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan karir siswa kelas IX MTs HIFAL Buaran Pekalongan dan untuk menganalisis pelaksanaan bimbingan klasikal dalam membantu perencanaan karir siswa kelas IX MTs HIFAL Buaran Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan bimbingan dan konseling islam khususnya di dalam bidang bimbingan klasikal dalam membantu perencanaan karir siswa. Jenis penelitian adalah jenis penelitian lapangan, dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya dengan analisis data deskriptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, M.S.I., KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Perencanaan Karir.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:51
Last Modified: 29 Jun 2021 02:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item