Pendekatan Pembelajaran Humanistik dalam Mendukung Kesejahteraan Psikologi Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di MAN Batang

Sarirah, Fathimah Husna (2025) Pendekatan Pembelajaran Humanistik dalam Mendukung Kesejahteraan Psikologi Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di MAN Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621080_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
2621080_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf

Download (449kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Fathimah Husna Sarirah. 2025 “Pendekatan Pembelajaran Humanistik dalam Mendukung Kesejahteraan Psikologi Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di MAN Batang” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing : M. Adin Setyawan, M.Psi Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Humanistik, Kesejahteraan Psikologi Siswa, Pembelajaran Matematika. Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menegangkan oleh banyak siswa. Pandangan ini muncul karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan terlalu menekankan pencapaian hasil, tanpa memperhatikan kebutuhan emosional maupun kondisi psikologis siswa. Akibatnya, banyak siswa merasa cemas, kurang percaya diri, dan kehilangan motivasi belajar. Kondisi tersebut menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih manusiawi dan empatik, yang tidak hanya mengasah kemampuan kognitif tetapi juga mendukung kesejateraan psikologis siswa. Pendekatan pembelajaran humanistik dipilih karena berfokus pada pengembangan individu secara menyeluruh meliputi aspek kognitif, afektif, dan sosial serta mendorong terciptanya suasana belajar yang inklusif, hangat, dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan pembelajaran humanistik dalam proses pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) serta perannya dalam mendukung kesejahteraan psikologis siswa kelas X di MAN Batang. Pendekatan pembelajaran humanistik dipiih karena berfokus pada perkembangan individu secara menyeluruh, mencakup aspek kognitif, afektif, dan sosial, serta menciptakan suasana belajar yang inklusif, empatik, dan nbermakna bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah guru matematika dan tiga siswa kelas X MAN Batang dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan kebabsahan data diperkuat melalui triangulasi sumber, metode, dan teori. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran humanistik dalam pembelajaran SPLTV di MAN Batang mencakup identifikasi potensi siswa, pencipta lingkungan inklusif dan empatik, pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, pemberian kebebasan belajar, peran guru sebagai fasilitator, serta penguatan pengalaman belajar positif melalui teknologi pembelajaran. Penerapan pendekatan ini berdampak positif terhadap kesejahteraan psikologis siswa, yang terlihat dari meningkatnya kenyamanan dan kepuasan belajar, optimisme, kepercayaan diri, kemampuan regulasi emosi, serta relasi sosial yang baik di kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran humanistik mampu menciptakan suasana belajar matematika yang lebih menyenangkan dan mendukung kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mendukung aspek psikologis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Humanistik, Kesejahteraan Psikologi Siswa, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:32
Last Modified: 17 Nov 2025 08:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16607

Actions (login required)

View Item View Item