Putri, Rizki Amanda (2025) Pengaruh Layanan Automatic Teller Machine (ATM), Layanan Mobile Banking dan Keamanan Transaksi Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KC Pekalongan Pemuda). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4221150_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
4221150_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
4221150_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Di era digitalisasi yang pesat, sektor perbankan syariah seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan inovasi teknologi, seperti layanan Automatic Teller Machine (ATM) dan mobile banking, dengan prinsip keuangan Islam, sambil menjaga keamanan transaksi dan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan ATM, mobile banking, serta faktor keamanan terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi di BSI KC Pekalongan Pemuda. Berdasarkan data Bank Indonesia dan survei Otoritas Jasa Keuangan, masalah keamanan digital menjadi penghambat utama, di mana 45% nasabah syariah mengeluhkan risiko tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda khususnya nasabah yang menggunakan layanan ATM dan mobile banking. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan diperoleh hasil sebanyak 100 responden dengan rumus Lemeshow. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel atm (X1) dan mobile banking (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y), sedangkan variabel keamanan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y). Adapun secara simultan, semua variabel yang diteliti berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan dari uji regresi linear sebesar 0,51. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependennya sebesar 51% dan sisanya 49% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Layanan ATM, Layanan Mobile Banking, Keamanan, Kepuasan | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 08:51 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 08:51 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
