Suryanto, Indra (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Kecerdasan Emosional di SMP N 2 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional dapat dikatakan sebagai kemampuan psikologis yang telah dimiliki oleh tiap individu sejak lahir, namun tingkat kecerdasan individu berbeda beda, ada yang menonjol dan ada pula yang tingkat kecerdasan emosional mereka yang rendah. Selain setiap individu yang memiliki kecerdasan spiritual yang berbeda beda, perkembangan zaman juga berpengaruh dalam tumbuh kembang kecerdasan emosi anak. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan di ranah tersebut di SMP N 2 Petarukan memberikan pembinaan tersebut sehingga mereka tidak mengedepankan dalam hal kognitif saja. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengekplorasi kondisi kecerdasan emosional siswa di SMP N 2 Petarukan (2) Mengeksplorasi Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa di sekolah (3) Mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kecerdasan emosional siswa SMP N 2 Petarukan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (1) kondisi kecerdasan anak di SMP N 2 Petarukan dapat digolongkan cukup baik ini dibuktikan dengan adanya semangat dalam belajar, (2) strategi yang dilakukan guru dalam membina kecerdasan emosional ialah keteladanan, pembiasaan, pemberian motivasi dan pemberian reward dan punishment, (3) faktor pendukung strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kecerdasan emosional ialah keluarga, masyarakat dan teman sepergaulan sedangkan faktor penghambatnya ialah keluarga masyarakat dan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru danKecerdasanEmosional | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:41 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1662 |
Actions (login required)
View Item |