Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Fear of Missing Out, Teman Sebaya, dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion di E-Commerce Shopee. (Studi Pada Generasi Z di Pekalongan)

Reswara, Muhammad Ervin (2025) Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Fear of Missing Out, Teman Sebaya, dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion di E-Commerce Shopee. (Studi Pada Generasi Z di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121038_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4121038_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
4121038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MUHAMMAD ERVIN RESWARA. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial, Fear of Missing Out, Teman Sebaya, dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion di E-Commerce Shopee (Studi Pada Generasi Z di Pekalongan). Pada era digital, media sosial dan e-commerce berperan penting dalam membentuk perilaku konsumsi, khususnya pada Generasi Z yang akrab dengan teknologi. Shopee sebagai marketplace terbesar di Indonesia menjadi platform paling diminati untuk pembelian produk fashion. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh intensitas penggunaan media sosial, fear of missing out (FoMO), teman sebaya, dan literasi keuangan terhadap pembelian impulsif produk fashion di Shopee pada Generasi Z di Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode field research. Data primer diperoleh dari 96 responden Generasi Z melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan IBM SPSS 25 dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media sosial, teman sebaya, dan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, sedangkan FoMO tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan pengaruh teman sebaya meningkatkan kecenderungan pembelian spontan, sementara literasi keuangan berperan dalam mengendalikan perilaku konsumtif Generasi Z di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutmainah, InaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intensitas Penggunaan Media Sosial, Fear of Missing Out, Teman Sebaya, Literasi Keuangan, Pembelian Impulsif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Nov 2025 01:34
Last Modified: 18 Nov 2025 01:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16634

Actions (login required)

View Item View Item