Pengaruh Keamanan Biometrik, Persepsi Kemudahan, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Financial Technology (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna E-wallet Dana di Kota Pekalongan)

Putrandito, Ganang Meidi (2025) Pengaruh Keamanan Biometrik, Persepsi Kemudahan, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Financial Technology (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna E-wallet Dana di Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121112_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4121112_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
4121112_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keamanan biometrik, persepsi kemudahan, dan brand image terhadap kepuasan konsumen pada pengguna e-wallet Dana di Kota Pekalongan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian meliputi seluruh mahasiswa pengguna e-wallet Dana di Kota Pekalongan, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden yang ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keamanan biometrik (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,783 > 0,05. Sebaliknya, persepsi kemudahan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, dan brand image (X3) juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai Fhitung = 43,485 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,573 menunjukkan bahwa 57,3% variasi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sedangkan sisanya 42,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa kepuasan pengguna e-wallet Dana terutama dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan citra merek yang positif, sementara keamanan biometrik belum menjadi faktor utama yang menentukan kepuasan. Hasil penelitian ini sejalan dengan Technology Acceptance Model (TAM), di mana persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berperan penting dalam meningkatkan penerimaan dan kepuasan pengguna terhadap teknologi keuangan digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, RohmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keamanan Biometrik, Persepsi Kemudahan, Brand Image, Kepuasan Konsumen, E-Wallet Dana, TAM
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:11
Last Modified: 19 Nov 2025 07:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16637

Actions (login required)

View Item View Item