Fahmi Ilmiyawan, Agung (2025) Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Polinomial Dan Matriks Kelas XI di man 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN.K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
skripsi.AGUNG FAHMI ILMIYAWAN. BAB 1&5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
skripsi.AGUNG FAHMI ILMIYAWAN. FULL TEXT .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN. .pdf Download (1MB) |
Abstract
Agung Fahmi I. 2025. Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika di MAN 1 Kota Pekalongan. Skripsi. Pekalongan : Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Prestasi Belajar Matematika, Regresi Korelasional. Pendidikan matematika seringkali menghadapi masalah berupa anggapan bahwa matematika sulit, yang menciptakan hambatan psikologis dan berujung pada menurunnya prestasi belajar siswa. Fenomena kesulitan dalam menghadapi konsep abstrak, yang mengindikasikan adanya kendala dalam memproses informasi kognitif, menjadi faktor krusial penentu keberhasilan studi. Padahal, kemampuan kognitif memegang peranan sentral sebagai prasyarat fundamental dalam setiap proses pembelajaran, meliputi persepsi, penalaran, dan pemecahan masalah. Menanggapi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara mendalam apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa di MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan, dengan sampel sebanyak 62 siswa dari kelas XI A dan XI J, yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan kognitif (Variabel X) untuk mengukur penalaran, spasial, dan pemecahan masalah, serta tes hasil belajar matematika (Variabel Y) untuk mengukur prestasi siswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan temuan yang signifikan. Hasil uji regresi linier sederhana mengkonfirmasi bahwa kemampuan kognitif siswa memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap prestasi belajar matematika. Kontribusi pengaruh ini tergolong kuat, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,610. Angka ini mengindikasikan bahwa 61% variasi pada prestasi belajar matematika siswa dapat dijelaskan oleh kemampuan kognitif mereka, sementara 39% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan kognitif merupakan prasyarat fundamental yang sangat menentukan untuk mencapai keberhasilan akademik siswa di MAN 1 Kota Pekalongan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Prestasi Belajar Matematika, Regresi Korelasional. | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:22 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:22 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16640 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
