Fitriani, Silva Nur (2025) Implementasi kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Di kelas VII SMP Islam Terpadu Al Azhar Lebaksiu. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
COVER,, BAB I DAN BAB V.pdf Download (970kB) |
|
|
Text
FULLTEXT-2621070.pdf Restricted to Registered users only until 19 November 2025. Download (3MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fitriani, Silva Nur. 2025. “Implementasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) di Kelas VII SMPS IT Al Azhar Lebaksiu”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Model pembelajaran CUPs merupakan suatu prosedur pembelajaran yang dirancang agar dapat membantu mengembangkan pemecah masalah siswa, dan juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yang dianggap sulit oleh siswa. Namun, berdasarkan observasi awal dan hasil wawancara guru matematika kelas VII SMPS IT Al Azhar Lebaksiu menunjukkan bahwa siswa masih mengalami hambatan dalam mengemukakan alasan, menjelaskan gagasan matematis, serta menyajikan solusi dalam bentuk tulisan maupun representasi visual seperti model, diagram, atau simbol yang sesuai dengan permasalahan matematika. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian siswa belum mampu mengalihkan pemahaman konseptual mereka ke berbagai bentuk representasi, baik secara verbal, numerik, maupun visual. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa dalam memperdalam pemahaman dan mengomunikasikan ide-ide matematis secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelas VII di SMPS IT Al Azhar Lebaksiu, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model CUPs dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Data penelitian dianalisis melalui uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene, serta uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 79,6, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 60,4. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai thitung sebesar 2,192 dengan derajat kebebasan (df) 28 pada asumsi varians yang sama. Sementara itu, nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 28 adalah 2,048. Karena nilai thitung (2,192) lebih besar dari ttabel (2,048), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPS IT Al Azhar Lebaksiu, khususnya pada materi Bangun Datar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran (CUPs), Kemampuan Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika, Siswa Kelas VII. | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:44 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:44 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
